Kembangkan UMKM Peternakan, Disnakkeswan Lampung Gandeng BRI

BANDARLAMPUNG(SB) -Kolaborasi dan Sinergi Bank BRI Kantor Wilayah Lampung-Bengkulu dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung dalam Pengembangan UMKM Sektor Peternakan di Provinsi Lampung.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Ir. Lili Mawarti, M.Si didampingi Kepala Bidang Usaha dan Pasca Panen Abdul Salam Nasrudin, ST, S.Sn bersama jajaran menerima kunjungan dan diskusi hangat dengan Kanwil Bank BRI Lampung-Bengkulu yang diwakili oleh Bapak Sadmiadi (Regional Micro Banking Head), Novita Sari (Kabag SEI) dan Julian Esa (Inkubasi Bisnis)

Bank BRI berupaya mengintegrasikan bisnis pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam sebuah klaster dengan off taker sehingga memberi manfaat rantai nilai (value chain) yang lebih besar. Hal ini dilakukan sebagai upaya pemberdayaan ekonomi melalui pengembangan ekosistem (klaster, desa, pasar) untuk mendukung ketahanan dan kedaulatan pangan.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung berupaya bersinergi dengan Bank BRI, baik Kanwil atau cabang yang tersebar di seluruh wilayah di Provinsi Lampung untuk peningkatan akses permodalan serta pengembangan klaster kelompok pelaku usaha peternakan di Provinsi Lampung.

Sebagai tindak lanjut hasil diskusi, akan dibentuk tim bersama antara Bank BRI, Dinas Peternakan dan Keswan Provinsi serta Dinas Peternakan Kabupaten yang akan mengembangkan pilot project/ percontohan klaster ayam petelur di Kecamatan Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu. Tidak hanya klaster ayam petelur, nantinya juga akan dikembangkan klaster kambing di Kabupaten Tanggamus dan Pringsewu serta klaster komoditas peternakan unggulan lainnya.

“Dengan kolaborasi dan sinergi tersebut diharapkan memberi dampak meningkatnya kelembagaan, kesejahteraan peternak, mutu produk yang dihasilkan dan terwujudnya peternak Lampung yang Berjaya,” ungkapnya.(*)

Related Posts

About The Author

Add Comment

30 views