Waka Abdimasgana Kwarda : Pramuka Wajib Ikut Perkuat Ketahanan Pangan

LAMPUNG SELATAN(SB) – “Antisipasi dampak ekonomi, Pramuka wajib perkuat ketahanan pangan” demikian dikatakan Kak Sumarju Saeni, Wakil Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Lampung dalam sambutannya mewakili Ketua Kwarda Lampung saat membuka Pelatihan Urban Farming yang diselenggarakan oleh Sako Pramuka Sekawan Persada Nusantara Tingkat Daerah Lampung di Pondok Pesantren Nurul Huda Natar, Sabtu (13/06) pagi.

Waka Kwarda yang membidangi Pengabdian Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Abdimasgana) ini juga menyampaikan apresiasi atas penyelenggarakan pelatihan ini. Beliau menilai ketahanan pangan sangat penting dalam menghadapi pandemi covid-19 yang tidak hanya memberi dampak pada kesehatan.
“Ada dampak sosial, budaya, ekonomi, pendidikan dan keagamaan akibat pendemi ini yang harus kita hadapi bersama. Untuk itu pramuka harus tanggap dan kreatif menyikapinya sehingga bisa memperkecil dampaknya”, terang Kak Marju, sapaan akrab beliau.

Mantan Kadis Sosial yang juga pernah menjabat Kadis Kominfo Pemprov Lampung ini juga mengingatkan bahwa banyak potensi pertanian dan peternakan yang sebetulnya bisa dimanfaatkan oleh pramuka. Selain ada manfaat dari sisi pelestarian lingkungan juga ada manfaat ekonomi dan ketahanan pangan. Oleh karena itu pria 61 tahun ini berpesan kegiatan ini jangan hanya _icak-icak_ atau formalitas saja. “Pelatihan hydroponic ini jangan hanya _icak-icak_ saja setelah itu tidak ada penerapannya, inilah nanti yang akan merusak pasar hasil produksinya” pesan pensiunan PNS yang pernah menjabat Karo Humas Pemprov. Lampung.

“Saya berharap dari Sako SPN ini lahir pramuka para peternak dan petani modern yang sukses”, harapnya menutup sambutan.

Pada upacara yang tetap menggunakan protokol kesehatan itu juga Kak Ilham Saputra selaku ketua panitia pelatihan melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 37 orang pramuka golongan penegak dan pandega perwakilan dari Sako SPN Tingkat Cabang Bandarlampung, Pesawaran dan Lampung Selatan. Pelatihan yang mengkonsentrasikan pada cocok tanam metode hydroponic ini bertujuan untuk membentuk pramuka yang rajin, terampil dan mandiri terutama menghadapi dampak pandemi covid-19 ini.

Hadir pula dalam upacara pembukaan Ka. Pinsako SPN Tk. Daerah Lampung Heri Sensustadi, Anggota DPRD Lampung Selatan Kak Sidik Maryanto, Para Anggota Mabi dan Pinsako SPN Tk. Daerah Lampung dan Anggota DKD Lampung Arif. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.