Disbunak Lampung Cek Kesehatan Hewan Kurban

BANDARLAMPUNG,SB – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Lampung melakukan penegecekan hewan kurban dibeberapa tempat di Bandarlampung, Hal tersebut guna melihat kondisi hewan yang akan di kurbankan pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah.

Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Anwar Fuadi mengatakan pihaknya bersama dengan Balai Veteriner Lampung dan Himpunan Dokter Hewan Indonesia Cabang Lampung melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban.

“Tadi kita sudah melakukan pengecekan di tiga titik yang ada di Bandarlampung hasilnya dalam kondisi sehat tidak ada hewan yang terdeteksi penyakit menular, namun masih ada yang belum layak untuk dikurbankan,” kata dia.

Menurutnya, selain dalam kondisi sehat, hewan untuk dikurbankan juga harus melihat kondisi umur.

“Kalau tadi masih ada yang umurnya belum cukup untuk dikurbankan, namun sudah bisa dikosumsi dagingnya, kambing itu bisa dijual bukan untuk kurban tapi untuk keperluan lain seperti Aqiqah, sehingga saya berharap kepada penjual agar memberikan informasi kepada masyarakat terkait umurnya,” jelasnya.

Selain itu, Anwar Fuadi menambahkan bahwa pihaknya sudah mengambil beberapa sempel darah untuk dilakukan pengecekan guna mengidentifikasi penyakit cacing.

“Sempel sudah diambil oleh Balai Veteriner dalam waktu dua hari hasilnya keluar, ya mudah mudahan tidak ada penyakit cacingnya,” kata dia.

Lebih lanjut, guna mengetahui kesehatan hewan kurban di kabupaten/kota, pihaknya akan melakukan pengecekan hingga Jumat mendatang.

“Hari ini kita sudah membuka pengecekan, untuk besok hingga jumat akan diserahkan untuk kabupaten/kota melakukan pengecekan, kalau ada masyarakat yang mau memeriksakan kesehatannya bisa langsung menghubungi petugasnya, karena kontak petugas sudah disebar, ” pungkasnya. (man)

Related Posts

About The Author

Add Comment

22 views