Daerah  

Tingkatkan Produksi, Kebun Bergen Lakukan Tapping School

LAMPUNG SELATAN — Puluhan Karyawan penyadap karet wilayah perkebunan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 7 Unit Bergen, Lampung Selatan, mengikuti Tapping School.

Manajer Unit Bergen, Gunawan, mengatakan pelaksanaan kegiatan Tapping School merupakan salah satu upaya refreshment training, melatih kembali keterampilan tata cara penyadapan yang sesuai dengan SOP dan Instruksi Kerja. Ia meminta kepada semua Karyawan, agar dapat memperhatikan benar apa yang diterangkan oleh Asisten Tanaman.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk peningkatan kualitas produksi getah karet dan menjaga tanaman karet tetap menghasilkan sesuai dengan umur investasi,” kata Gunawan.

Menurutnya, ada dua hal penting pada tapping school ini, pertama peningkatan produksi dan mempertahankan secara konsisten, serta kesinambungan produksi sesuai dengan umur investasi pohon.

Umur investasi tanaman karet yang singkat disebabkan kesalahan pada teknis penyadapan. Ini bukan hanya merugikan perusahaan karena berdampak pada kualitas dan kuantitas produksi, namun juga bisa merusak keberlangsungan perusahaan dan berdampak terhadap karyawan.

Selain itu pengaruh positif yang akan diraih adalah umur ekonomis pohon akan terjaga, yang paling utama adalah mengingatkan kembali kepada karyawan penyadap untuk mutu sadapan, kemiringan panel, ketebalan sadapan, penggunaan kulit, serta jarak antar sadapan, talang, dan mangkok.

Kegiatan tapping school ini dilaksanakan di Afdeling I s.d IV di awal bulan Januari 2024, diikuti oleh semua penyadap di masing-masing Afdeling.

Gunawan menjelaskan, penyadapan yang baik dilaksanakan pada pukul 5 s.d 8 pagi, semakin pagi maka semakin baik karena getah yang akan keluar semakin banyak. Kedalaman sadap juga harus diperhatikan. Kedalaman penyadapan yang benar adalah 1-1,5 mm dari kambium agar tidak merusak kulit.

Ia menambahkan keterangan untuk kemiringan bidang sadap dengan pola alur sadap 30 derajat untuk tanaman muda dan 45 derajat tanaman berumur 15 tahun ke atas. Kemiringan bidang sadap ini tegak lurus dengan posisi pembuluh lateks yang condong ke kanan membentuk sudut 3,7 derajat dari tegakan tanaman.

Kegiatan Tapping School tersebut sangat penting agar secara teori dan praktik implementasi penyadapan yang dilakukan oleh penderes dapat berjalan baik dan benar sehingga terjadi peningkatan kualitas produksi dan mempertahankannya secara konsisten. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.