Sulpakar : Tidak Ada Pemotongan Bosda

BANDARLAMPUNG,SB – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Sulpakar membantah adanya pemotongan di Program Bantuan Oprasional Siswa (Bosda). Menurutnya adanya rasionalisasi yang dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung tidak berpengaruh kepada bantuan untuk siswa yang kurang mampu.

“Arahan dari Pimpinan tidak ada rasionalisasi di Bosda justru adanya perbaikan tata kelola, yang ada saat ini sedang dilakukan perbaikan penataan kelolanya,” kata dia.

Lanjutnya, pemerintah provinsi akan menambah beberapa sekolah dan mengkhususkan sekolah untuk siswa yang kurang mampu.

“Kita akan menambah sekolah yang mengeratiskan siswa yang kurang mampu dengan kondisi keuangan yang ada, ” ungkapnya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung sudah membentuk tim kerja persiapan pengembangan program SMK untuk menjadi sekolah gratis. Dari hasilnya dua sekolah di ajukan untuk digratiskan yakni SMK Unggulan di Sulusuban Lampung Tengah, dan SMK Pertanian di Hajimena Lampung Selatan.

Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulpakar mengatakan program SMK gratis, merupakan salahsatu program kerja Pemerintah Provinsi Lampung, guna meningkatkan kualitas pendidikan, menuju Lampung Berjaya.

“Kita usulkan dua sekolah, nantinya sekolah yqng di pilih akan dijakikan sekolah gratis bagi keluarga yang tidak mampu, ” kata dia.

Terkait pola, Sulpakar mengatakan pihaknya akan mengatur siswa yang sekolah akan diasramakan. Selain itu pihaknya juga akan bekerjasama dengan perusahaan.

“Untuk pola sekolah dan diasramakan, Nanti dari hasil kerjasama dengan perusahaan, lulusan SMK gratis dapat ditampung diperusahaan tersebut, ” ungkapnya.

Alasan mengusulkan kedua SMKN tersebut karena sekolah memiliki luas lahan lebih dari 5 ha, memiliki kompetensi keahlian di bidang pertanian, asrama, ruang praktik, serta terhubung dengan dunia usaha dan dunia industri.

“Seperti SMKN Unggul Terpadu. Di sana, memiliki jurusan pertanian dan dirintis cukup lama, serta memiliki kerjasama dengan perusahaan. Contoh sekolah ini sudah pantas dipersiapkan sebagai sekolah gratis,” pungkasnya. (man)

Related Posts

About The Author

Add Comment

13 views