Karang Taruna Tegineneng Sambut baik Kedatangan Pengurus Karang Taruna Ogan Komering Ilir

PESAWARAN(SB) – Masa Pandemi merupakan masa yang sulit bagi UMKM. Telebih bagi yang baru merintis agar dapat market yang baik. Salah satu dari program unggulan Karang Taruna Kabupaten Pesawaran Adalah Peningkatan kapasitas SDM agar mampu berdaya saing.

Pj kades Mada Jaya, Irwan Rosa, S.H yang merupakan Ketua Karang Taruna Kabupaten Pesawaran Periode ini telah menerima surat Audiensi nomor : 024/KT-OI/XI/2020 tentang studi banding karang taruna Ogan Kemering Ilir ke wilayah Pesawaran. Irwan rosa menuturkan dalam studi ini ada 3 point penting yang akan di dapat dalam studi banding ini :

1. meningkatkan pengetahuan seluruh anggota karang taruna,
2. menggalang persatuan dan kesatuan
3. menciptakan sarana pertukaran informasi sesama pengurus karang taruna.

Kunjungan ini rencananya akan dilaksanakan pada Senin (23/11/2020) yang bertempat dikecamatan Tegineneng. Kegiatan ini ialah untuk melihat pengelolaan wirausaha yang dilakukan oleh Karang Taruna Desa Kresno widodo yang merupakan Binaan Karang Taruna Pesawaran. Selain itu juga bertujuan untuk bersinergi dan menumbuhkan energi positif antar pemuda dalam berperan di tengah masyarakat terlebih saat pandemi Covid-19.

Amri Wibowo Selaku Ketua Karang Taruna Kecamatan Tegineneng menyambut baik mandat dari Pengurus Kabupaten tersebut.Beliau mengatakan meskipun pandemi Covid-19, pemuda harus tetap produktif, kreatif dan berkarya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Bahwa kita sebagai pemuda harus bisa menciptakan energi positif yang bermanfaat di tengah masyarakat dan membangun jaringan pertemanan sebesar besarnya untuk mendapatkan feedback positif di masa yang akan datang,” ujarnya.

Pria Peraih penghargaan Adithya Karya Mahatva Yodha Utama ini yakin betul Karang Taruna Mampu menjadi agen perubahan pertumbuhan ekonomi khususnya dibidang UMKM, yang mana selaras dengan program kerja Karang Taruna Provinsi Lampung yang diketuai oleh H. Dendi Ramadona K, ST.

Namun, ia mengingatkan untuk tetap menjaga secara preventif terkait protokol kesehatan dengan kesadaran tinggi agar bisa melakukan pencegahan penularan Covid-19.

Kunjungan studi banding pertama menuju Kampung Batik Desa Kresno Widodo Kecamatan Tegineneng. Dimana Karang Taruna “ Krisna jaya “ Desa setempat mampu mengelola kerajinan batik yang tadinya hanya berskala perorangan kini mampu menjadi komunitas yang besar hingga menjadikan ICON kampung Batik diwilayah kerjanya.

Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai prestasi dalam beberapa event antara lain Finalist Inacraft Nasional, Semarak Batik Lampung dinas koperasi – UMKM provinsi Lampung dan finaslist BBKT Provinsi Lampung tahun 2020.

Dikarenakan kunjungan ini dimasa pandemi, Irwan rosa selaku ketua pemandu jalannya program studi banding antara karang taruna ogan komering ilir dan pesawaran ini mengingkan pada seluruh SDM Karang Taruna yang nanti akan ikut dalam kegiatan tersebut untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menerapkannya selam masa kunjungan.

Ia mengatakan dalam kunjungan ini tidak perlu bersalaman namun tidak mengendorkan tali silaturahmi.

“Saat ini kita harus membiasakan diri untuk menerapkan protokol kesehatan agar tetap aman dan produktif melakukan hal-hal positif mulai dari sekitar kita,” imbuhnya. (Suprihadi)

Related Posts

About The Author

Add Comment

18 views