Daerah  

Jelang Ramadhan, Kades Gunung Rejo Way Lima dan Masyarakat Gelar Ziarah Kubur Bersama

PESAWARAN(SB) – Kepala Desa (Kades) Gunung Rejo Kecamatan Way Lima, M. Yusuf serta sejumlah perangkat desa dan ratusan masyarakat, gelar ziarah kubur bersama di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Gunung Rejo.

 

Dikatakan Kades Gunung Rejo Kecamatan Way Lima, Pesawaran, Jumat(08/03/2024), kegiatan ziarah kubur merupakan tradisi masyarakat Gunung Rejo, yang dilakukan setiap menjelang masuknya Bulan Suci Ramadan.

 

“Ini merupakan tradisi kita Warga Desa Gunung Rejo, terutama ziarah yang dilakukan secara beramai-ramai menjelang masuknya bulan Suci Ramadan. Dengan ziarah ke makam, kita ingat akan kematian dan yang tepenting lagi kita mendoakan keluarga kita yang sudah meninggal dunia, “kata Yusuf.

 

Tradisi ziarah kubur yang dilaksanakan Kades dan warga Desa Gunung Rejo, menurut Yusuf, tidak saja untuk melihat dan mendoakan keluarga yang suah meninggal dunia. Namun, melalui kegiatan ziarah kubur bersama juga meningkatkan silaturrahmi dan kekompakan di masyakat.

 

“Kemudian, kita juga sambil membersihkan makam keluarga kita. Sehingga, melalui kegiatan ziarah kubur bersama banyak hikmah yang bisa kita petik disana. Jelasnya, kita ziarah kubur untuk mengingatkan diri bahwa kita juga nantinya akan meninggal dunia dan di kubur. Dengan begitu, maka kita akan memperbanyak iman dan ketaqwaan agar saat meninggal dunia kita bisa ditempatkan di Syurga,” ucap Yusuf.

(Re)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.