Berita  

UPT Puskesmas Kedondong Laksanakan Kegiatan Intervensi Pencegahan Stunting

PESAWARAN(SB) – UPT Puskesmas Kedondong melaksanakan kegiatan intervensi serentak pencegahan stunting di Kecamatan Kedondong sesuai dengan surat edaran dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia nomor: Hk.02.02/B/716/2024 Tentang Pelaksanaan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting, Bertempat di Aula Balai Desa Pasar Baru, Jum’at(7/06/2024).

Intervensi Serentak Pencegahan Stunting adalah aksi serentak bersama pencegahan stunting melalui pendataan, penimbangan, pengukuran, edukasi dan intervensi bagi seluruh ibu hamil dan balita secara berkelanjutan.

Adapun tujuan dari Intervensi serentak ini untuk meningkatkan kunjungan dan cakupan sasaran ke Posyandu, Mendeteksi dini masalah gizi, Memberikan edukasi pencegahan stunting kepada seluruh sasaran dan Melakukan intervensi segera bagi sasaran yang memiliki masalah gizi.

Hal itu yang diucapkan oleh Plt KUPT Puskesmas Kedondong Zairozi S.Kep mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran saat diwawancarai disela kegiatan

“Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 7-10 Juni 2024, yang dilaksanakan di seluruh desa yang ada di Kecamatan Kedondong,” Jelasnya.

Pelayanan yang dilakukan atara lain:
Calon perngantin perempuan:
-Skrining Layak Hamil
-Pengukuran (LILA) Lingkar Lengan Atas
-intervensi Sesuai Tata Laksana
Bayi Balita:
– Penimbangan BB
– Pengukuran TB/PB
– Pengukuran LILA dan LK
– Intervensi Sesuai Tata Laksana
Untuk Ibu Hamil:
– Penimbangan BB
– Pengukuran LILA
– Intervensi Sesuai Tata Laksana

“Adapun pelaksanaan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi/Panjang badan  balita, pengukuran LiLA ibu hamil, dan pemeriksaan catin (Calon Pengantin) akan dilaksanakan di Posyandu sesuai dengan jadwal Posyandu yang ada di wilayah Padukuhan. Ibu hamil harus datang ke posyandu terdekat guna melakukan pemeriksaan terkait masalah gizi awal. Balita yang terdeteksi masalah gizi dengan berat badan rendah, gizi kurang dan pendek dilakukan rujukan ke Puskesmas untuk pemeriksaan lebih lanjut,” Jelas Ozi

Turut hadir Perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Emiliana S.K.M, Bapeda, Plt. KUPT Puskesmas Kedondong, Plt Camat Kedondong Irwan Rosa, S.H., Kepala Desa Pasar Baru Fitri Nurhuda serta Nakes Puskesmas Kedondong.  (Re)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.