PWI Lampung Tingkatkan Mutu dan Martabat Pers Wartawan Muda PWI Tuba ikutkan 16 Peserta

BANDARLAMPUNG(SB) -Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung meningkatkan mutu dan martabat pers bagi wartawan muda melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat).

Diklat penguatan kompetensi wartawan muda PWI Lampung diikuti oleh 88 peserta dari berbagai daerah dan dilaksanakan di Balai H. Solfian Akhmad pada Sabtu, (24-6-2023).

Ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadikusumah mengatakan, pelaksanaan diklat wartawan muda merupakan persyaratan awal bagi wartawan yang ingin bergabung menjadi anggota biasa di PWI.

“Dalam diklat ini, peserta akan diberi materi terkait sejarah PWI, kode etik jurnalistik hingga pembekalan dalam menjalankan tugas-tugas di lapangan,” kata Wirahadikusumah.

Dia menjelaskan, jika nantinya peserta diklat memutuskan untuk bergabung, kegiatan ini merupakan titik awal untuk memasuki gerbang dan mengenal organisasi bernama PWI.

“Peserta akan ditunjukkan bagaimana peningkatan sumber daya manusia di dunia jurnalistik dan mengenal lebih dekat organisasi profesi wartawan tertua di Indonesia dengan,” jelasnya.

Selain itu, Wira menyampaikan, peserta diklat juga akan diberikan dasar-dasar jurnalistik, teknik penulisan berita serta mengenal dan memahami foto jurnalisme.

Dia berharap, seluruh peserta benar-benar mengikuti kegiatan diklat dan memperhatikan serta mencermati materi yang diberikan agar dapat dijadikan pedoman dalam bertugas.

“Sehingga pada saat melaksanakan tugas-tugas jurnalistik di lapangan tidak melenceng dari apa yang sudah ditentukan,” tegasnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Lampung Budi Setiawan menyampaikan, seluruh peserta yang mengikuti diklat PWI dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat dalam melaksanakan peliputan berita di lapangan.

“Wartawan harus pandai merekonstruksi berita melalui reportase yang kuat dan memverikasi informasi serta menjadikannya sebuah berita yang menarik sehingga mudah dipahami,” kata Budi mewakili Pelaksanaan Harian (Plh) Kepala Diskominfotik Achmad Saefullah.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.