Peringati Hari Jadi Ke-58 Provinsi Lampung, Gubernur Arinal Sampaikan Realisasi 33 Janji Kerja

BANDARLAMPUNG(SB) – Dalam peringatan Hari Jadi ke-58 Provinsi Lampung, Jumat (18/03/2022), Gubernur Arinal Djunaidi menyampaikan sejumlah hal terkait pilar penyelenggaraan pembangunan daerah selama tahun 2021, diantaranya:

*PILAR PEMBANGUNAN EKONOMI*
Kinerja pembangunan Pilar Ekonomi Provinsi Lampung sepanjang tahun 2021 semakin membaik meskipun pandemi Covid-19 masih terjadi. Hal ini ditandai dengan indikator pertumbuhan ekonomi Lampung yang terus menunjukan tren positif setiap Triwulannya dan hingga akhir 2021 ekonomi Lampung tumbuh positif sebesar 2,79% dibandingkan dengan tahun 2020 yang tumbuh negatif 1,67%.

*PILAR PEMBANGUNAN SOSIAL*
Dari sisi Pilar Pembangunan Sosial ditunjukkan dari capaian indikator sasaran makro pembangunan lainnya adalah Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Lampung, dimana pada tahun 2021 adalah sebesar 69,90 yang meningkat dari tahun 2020 sebesar 69,69. Capaian ini akan terus menerus ditingkatkan hingga di atas 70.

*PILAR PEMBANGUNAN HUKUM DAN PEMERINTAHAN*
Pilar Pembangunan Hukum dan Pemerintahan ditunjukkan salah satunya dari Indeks Demokrasi Lampung sebesar 72,79 poin yang lebih baik dari capaian nasional sebesar 72,56 poin.

*PILAR PEMBANGUNAN LINGKUNGAN*
Pembangunan Pilar Lingkungan Provinsi Lampung selama tahun 2021 juga menunjukkan capaian yang baik, antara lain: Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) sebesar 66,95, menurunnya Indeks Resiko Bencana menjadi 144,7, serta penurunan Emisi Gas Rumah Kaca sebesar 6,86%. Hal ini dicapai melalui realisasi janji kerja Mengelola Lingkungan Hidup untuk Kesejahteraan Rakyat, Lampung sebagai pusat inkubasi tanaman nusantara.

Gubernur Arinal juga menyatakan, akan terus mempertahankan dan meningkatkan segenap keberhasilan dan prestasi yang telah diperoleh. “Adapun hal-hal yang belum mencapai target, haruslah menjadi sumber inspirasi bagi kita semua untuk terus bekerja keras dan bekerja cerdas, guna berkarya dalam pembangunan daerah Lampung yang sama-sama kita banggakan,” kata Gubernur Arinal. (*)

Related Posts

About The Author

Add Comment

1 views