Pasca Peluncuran IKP, Bawaslu Pesawaran Siapkan Terobosan

PESAWARAN(SB)- Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia Telah meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu pada Pilkada 2020 bertempat di Redtop Hotel & Convention Center Jakarta pada tanggal 25 Februari 2020.

Hadir dalam Acara Peluncuran IKP tersebut Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Makruf Amin, Kementerian dan Lembaga Negara terkait serta Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten se Indonesia.

Ketua Bawaslu Republik Indonesia, Abhan menyampaikan bahwa IKP adalah bagian dari ikhtiar maksimal Bawaslu sebagai upaya pencegahan akan potensi pelanggaran. “Ini merupakan Ikhtiar maksimal kita untuk mencegah potensi pelanggaran pada pilkada nanti,”

Ia menambahkan bahwa IKP ini adalah hasil research Bawaslu RI yang didasarkan pada lima dimensi. Dimensi Konteks Sosial Politik, Dimensi Pemilu yang Bebas dan Adil, Dimensi Kontestasi, dan Dimensi Partisipasi.

Sementara itu Ketua Bawaslu Pesawaran, Ryan Arnando yang turut hadir dalam acara peluncuran IKP tersebut mengatakan bahwa IKP yg diluncurkan ini memberikan informasi kepada masyarakat secara umum, terkhusus kepada jajaran pengawas pemilu di Kabupaten Pesawaran terkait potensi pelanggaran Pilkada 2020. “Ya ini bentuk informasi kepada kita semua, agar kita bisa mengantisipasi dan mengambil langkah-langkah maksimal sejak dini,” katanya.

Menurut Ryan, Kabupaten Pesawaran berada pada level rawan sedang, dengan skor 56,34. “Pesawaran berada pada urutan 51 dari 261 Kabupaten Kota, ini harus kita lihat secara positif. Kami akan siapkan terobosan pencegahan dan menyusun strategi pengawasan agar Pilkada Pesawaran dapat berlangsung dengan baik.” Pungkasnya. (*/Suprihadi)

Related Posts

About The Author

Add Comment

13 views