Nunik Buka Kejuaraan Pencak Silat Piala Menpora

BANDARLAMPUNG(SB)- Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) membuka secara resmi Pencak Silat Open Tournament Lampung International Championship V Piala Kemepora RI, di GSG Universitas Lampung, Selasa (10/3/2020) malam.

Kegiatan ini diikuti 1.352 peserta dari beberapa Provinsi di Indonesia, terdiri dari 1.217 orang (laga) dan 135 orang (seni) yang akan digelar 10-12 Maret 2020.

Nunik mengatakan Pencak Silat merupakan warisan budaya bangsa yang harus terus dilestrarikan.

“Pencak silat dalam dunia olahraga saat ini merupakan cabang olahraga penyumbang medali terbanyak untuk Indonesia. Pencak silat adalah salah satu komponen penting dalam perkembangan dan perjuangan Bangsa Indonesia,” ujar Wagub Nunik.

Menurutnya, dalam pencak silat begitu banyak unsur pembelajaran yang baik untuk mencetak generasi penerus bangsa yang sehat jasmani dan rohani. Pencak Silat kini bukan hanya dipelajari oleh bangsa Indonesia tapi sudah sampai ke belahan bumi seperti daratan Eropa.

“Terlepas dari bentuk dan jenisnya, yang jelas manfaat dari ilmu bela diri ini adalah gerak dan tindakan seseorang menjadi kemantapan dan kepercaya diri,” katanya.

Nunik menilai perkembangan pencak silat terlihat dari makin maraknya tempat latihan seperti di sekolah-sekolah, baik itu sekolah dasar, menengah pertama, menengah atas sampai perguruan tinggi.

Untuk itu, Nunik menyebutkan menjadi pekerjaan rumah bersama untuk terus menyediakan sarana fasilitas olahraga salah satunya fasilitas untuk pencak silat.

Nunik mengapresiasi tournament tersebut selain sebagai wadah untuk peningkatan prestasi para atlet, tetapi juga dalam rangka memberikan kegiatan positif anak muda agar terjauh dari hal-hal negatif seperti narkoba.

“Pak Gubernur sangat berkomitmen penuh dalam mendukung pencak silat dan secara khusus kegiatan tournament
ini mendapatkan dukungan penuh dari Bapak Gubernur, semoga tahun mendatang juga kita bisa lebih maksimal lagi,” katanya.

Nunik berharap tournament ini selain dalam rangka menghasilkan atlet yang berprestasi tetapi juga menjadi manusia yang sukses lahir dan batin dimasa mendatang. (rls)

Related Posts

About The Author

Add Comment

4 views