Ini Sosok Calon Sekdakab Lampura, Pernah Masuk Rangking 3 Nasional Diklatpim II

KOTABUMI(SB) – Dalam sepekan terakhir, nama Drs. Ahmad Hariyanto, MM, cukup menyedot perhatian publik Lampung Utara. Namanya masuk dalam daftar peserta yang lolos seleksi administrasi untuk jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab). Tidak hanya sekedar masuk daftar, tetapi memperoleh nilai dan peringkat tertinggi, bersama 3 kandidat lainnya.

Wajar jika publik Lampura menaruh perhatian lebih. Karena pria kelahiran Ciamis 8 April 1973 itu, belum pernah bertugas di Lampung Utara. Walaupun, pengabdiannya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), sepenuhnya diperuntukan bagi Sang Bumi Ruwa Jurai.

Mengawali karirnya, kakak Hari demikian ia disapa, menjadi Kasubsi Pembangunan di Kecamatan Jabung Lampung Tengah pada tahun 1995. Lalu Kasi Izin Lokasi dan Hak Atas Tanah BPID Lampung Timur tahun 2001.

Masih di Lampung Timur, ayah empat orang anak ini, berturut-turut menjabat sebagai Kasi Pelayanan Umum BPID, Kasubid Pemeriksa Pemerintahan dan PMD Bawasda. Terakhir pengabdiannya di lamtim sebagai Kasubag Otda Sekretariat Daerah Kabupaten. Karena kemudian ia ditugaskan sebagai Kasubbid Mutasi Jabatan BKD Provinsi Lampung pada tahun 2008.

Satu tahun kemudian, ia dipindahtugaskan ke kabupaten Tulang Bawang Barat. Ia dipercaya sebagai Kabag Kepegawaian dan Humas. Kemudian Sekretaris BKD dan sempat pula menjabat Kabag Tapem.

Karir alumnus STPDN tahun 1994 ini terus cemerlang. Tahun 2014 dipercaya sebagai Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika hingga tahun 2016. Jabatan itu berlanjut dengan perubahan nama Dinas Perhubungan, hingga tahun 2018. Lalu dipercaya sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, hingga saat ini.

Sebagai Kadisdukcapil, Suami Erika Virlia yang menyelesaikan S2 Master of Management di UBL pada tahun 2008 ini membuktikan dirinya patut dipercaya. Kinerjanya oleh Kementerian Dalam Negeri dijadikan testimony bagi seluruh Kepala Dinas Dukcapil se-Indonesia, dalam hal Reformasi Layanan Adminduk Melalui Tandatangan Elektronik (FORMULA UNIK).

Kemampuan dirinya juga dibuktikan ketika dinyatakan sebagai rangking 3 Nasional Diklat PIM II 2019.

Dalam berorganisasi, juga cukup dikenal sejak masih mahasiswa.
Sosok yang gemar bersepeda ini, pernah menjadi Ketua Bidang Usaha dan Koperasi, Senat Mahasiswa Institut Ilmu Pemerintahan.

Tidak heran ketika dirinya pernah juga dipercaya menjadi sekretaris umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) provinsi Lampung, sekretaris KONI Tubaba, Bendahara umum Offroad Federation provinsi Lampung.

Saat ini pria berbadan tegap dengan tinggi 168 cm ini, dipercaya sebagai Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Seluruh Indonesia Kabupaten Tubaba. (*)

Related Posts

About The Author

Add Comment

5 views