Ditudingan LSM Soal Program BSPS Bermasalah, Toga: Semua Sudah Sesuai Prosedur

PESAWARAN(SB) – Toga Asmarantaka, Koordinator Pasilitator Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kabupaten Pesawaran Menjawab tudingan beberapa lembaga yang menyoroti program pemerintah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah di beberapa desa Kecamatan Way lima Kabupaten Pesawaran. Yang mengatakan bahwa program pemerintah melalui bantuan bedah rumah bagi masyarakat di desa Pekondoh, Pekondoh Gedung, Tanjung agung dan desa Paguyuban di kecamatan way lima ini diduga bermasalah.

Bantuan bedah rumah berupa barang yang dibagikan kepada masyarakat tidak sesuai kualitas dan harga pasaran dilapangan, hal ini mereka temukan salah satunya bahan material berupa kayu kusen yang sudah bubukan dan tidak sesuai harga di panglong.

Saat diwawancarai dikediamannya, Toga Asmarantaka sebagai Koordinator Pasilitator BSPS Kabupaten Pesawaran menjelaskan terkait harga material, menurutnya masalah harga harus berdasarkan survey dan kesepakatan penerima bantuan yang diwakili oleh ketua kelompok penerima bantuan, Selasa(23/06/2020).

“Survey harga dilakukan oleh penerima bantuan yang diwakilkan oleh Ketua-ketua kelompok penerima bantuan, mereka survey ketoko-toko material yang siap menjadi suplayer Program BSPS,” jelasnya

Selain itu, Toga juga menjelaskan bahwa harga sudah sesuai dengan standar Kabupaten.

“Harga harus sesuai dengan standar Kabupaten, disemua program BSPS sudah sesuai dengan standar Kabupaten bahkan jauh dibawah harga standar Kabupaten,” ucapnya.

Toga mengatakan, masalah perbedaan harga terjadi karena semua material terhutang ditoko yang sudah disepakati.

“Toko yang sudah disepakati harus siap terhutang, mungkin ketika bicara masalah harga cash dan hutang jelas berbeda,” jelasnya.

Terkait masalah kualitas kayu yang tidak baik, Pihaknya akan menindak lanjuti dan akan menegur pihak Suplayer toko.

“Prosedur sudah kita laksanakan, apa yang dilakukan oleh penerima bantuan itu sudah benar, harus ditolak apabila kualitas kayu buruk, prosesnya sudah dilakukan oleh pihak Pasilitator salah satunya Handayani, saya yakin Handayani sudah menindak lanjuti ke Suplayer Toko dan akan kita beri surat teguran,” tegasnya.

Toga Asmarantaka mengapresiasi Kepada Pihak Lembaga yang sudah ikut mengawasi Program BSPS.

“Saya selaku Koordinator Pasilitator Program BSPS Kabupaten Pesawaran mengucapkan terimakasih kepada teman-teman Lembaga yang sudah ikut mengawasi Program BSPS dan ini menjadi masukan bagi kami agar program BSPS menjadi lebih baik lagi,” katanya. (Suprihadi)

Related Posts

About The Author

Add Comment

16 views