Bunda PAUD : Keberhasilan Pendidikan Anak Usia Dini Landasan Keberhasilan Pendidikan

Bandar Lampung – Bunda PAUD Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, membuka Acara Rapat Koordinasi Daerah I Badan Akreditasi Nasional (BAN) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Provinsi Lampung, bertempat di Hotel Horison, Rabu (06/04/2022).

Hadir dalam Acara BP PAUD dan Dikmas Provinsi Lampung, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, Komisi Renbang BAN PAUD dan PNF.

Bunda PAUD Riana Sari Arinal dalam sambutannya mengatakan, garis keturunan merupakan amanah titipan harta yang paling berharga dan harus dijaga dirawat dan dididik agar menjadi penyejuk hati.

Anak-anak tumbuh menjadi cerdas terampil dan berkarakter sesuai dengan tujuan pendidikan, keberhasilan anak usia dini merupakan landasan bagi keberhasilan pendidikan pada jenjang berikutnya.

Bunda PAUD menambahkan, usia dini merupakan usia emas bagi seseorang, artinya bila seseorang pada masa itu mendapatkan pendidikan yang tepat bagi pertumbuhan dan perkembangan jasmani maupun rohaninya maka akan memperoleh ketersediaan belajar yang baik dan hal itu juga merupakan salah satu kunci utama bagi keberhasilan belajar pada jenjang berikutnya.

Salah satu program prioritas kerja PAUD Provinsi Lampung bersama dengan Pokja Kabupaten/kota, kata dia, adalah PAUD holistik integratif yaitu layanan pendidikan anak usia dini yang terintegrasi antara pendidikan pelayanan gizi dan kesehatan, pengasuhan serta perlindungan dan pemenuhan hak anak untuk mewujudkan layanan PAUD holistik integratif.

Hal ini memerlukan peran serta bersama antara keluarga, masyarakat dan Pemerintah serta integrasi program lintas sektor antara tingkatan pemerintahan yaitu dari pusat provinsi kabupaten kota sampai ke desa dan kelurahan.

Standar layanan PAUD yaitu standar tingkat pencapaian anak, standar isi, standar proses, standar tenaga pendidik dan kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan.

“Delapan standar layanan inilah yang akan menjadi acuan penilaian dalam akreditasi lembaga yang dilakukan oleh badan yang berwenang, ” tegas Bunda Paud. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.