Bentuk Transparansi, Kepala Desa Pasar Baru Pampang Pengumuman Penerima Bansos

PESAWARAN(SB) – Dalam menyampaikan informasi penerima bantuan sosial, Pemerintahan Desa Pasar Baru, Kecamatan Kedondong, Pesawaran, sudah selayaknya menjadi contoh desa lainnya. 

Sebab, seluruh nama penerima bantuan dari Kemensos dimulai dari Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) hingga Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) di umumkan dengan dipasang banner di halaman kantor desa setempat. 

Pemerintahan Desa Pasar Baru menyalurkan BLT Dana Desa bagi 151 Kepala Keluarga (KK) untuk bantuan dari Kemensos BST 260 KK, PKH 171 dan BPNT 295 KK sedangkan BLT. 

“Seluruhnya 877 Kepala Keluarga warga kami yang menerima bantuan,” kata Kepala Desa Pasar Baru, Fiamsyah, Rabu(03/06/2020). 

Diumumkannya seluruh nama dan alamat penerima bantuan sosial merupakan salah satu hak publik di era keterbukaan informasi seperti saat ini. 

“Dengan transparan seperti ini untuk menjaga kepercayaan masyarakat kepada pemerintah,” kata dia. 

Beberapa program bantuan sosial reguler dari kemensos seperti PKH dan BPNT serta BST sudah bergulir, sedangkan untuk BLT DD dalam tahapan pencairan. 

“Pencairan BLT DD menunggu pencairan tahap dua, diperkirakan pertengahan bulan Juni ini,” kata dia. 

Dijelaskannya, penerima bantuan sosial tidak tumpang tindih dengan program sosial lainnya dan warga yang menerima bantuan merupakan warga miskin berdampak pandemi virus korona Covid-19.

 “Ada beberapa kriteria penerima bantuan sosial dan tidak tumpang tindih,” ujarnya.  (Suprihadi)

Related Posts

About The Author

Add Comment

56 views