Baznas Pesawaran Salurkan Bantuan Tahap Dua, 46 Bedah Rumah dan 4 Benah Rumah

 

P E S A W A R A N (SB) – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pesawaran laksanakan program kemanusiaan tahap dua bantuan 46 Bedah rumah layak sehat (Berkat) dan 4 Benah rumah diberikan sebanyak Rp764.000.000, – kepada mustakhiq di Hall Djunjungan Desa Sukabanjar Kecamatan Gedong Tataan, Jum’at (10/12/2021).

 

Ketua BAZNAS Kabupaten Pesawaran Abdul Hamid mengatakan bahwa kegiatan tersebut setelah sebelumnya pada semester 1 mendistribusikan program bantuan bedah rumah sehat layak huni dan benah rumah sebesar Rp737. 000.000,-. Kemudian, pada semester 2 diberikan sebesar Rp 764.000.000,-.

 

“Alquran pun telah mengharuskan pemimpin memungut zakat untuk kemudian didistribusikan kepada mustakhiq sebagai wajib penerima setelah sebelumnya dilakukan verifikasi oleh petugas BAZNAS, ” kata dia.

 

Ia juga menerangkan, yang sekarang diberikan hanya program bedah rumah dan benah rumah belum termasuk santunan lainnya. Menurutnya, bahwa apa yang dilakukan bersama jajarannya merupakan arahan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dalam membangun dan membantu masyarakat yang masih kekurangan ekonominya.

 

“Target capaiannya lima milyar rupiah dan tercapai sekitar 98persen, alhamdulillah OPD sudah banyak yang menyalurkan zakat infaknya melalui BAZNAS, diantaranya seperti PMD bersama perangkat desanya, ” ujar dia.

 

Menanggapinya, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengapresiasi BAZNAS yang telah menghimpun zakat infak sedekah mulai dari ASN hingga donatur lainnya seperti dari aparatur desa dan pengusaha atau masyarakat setempat.

 

“Soal zakat infak dan sedekah tidak perlu ditekankan, karena memang sudah ditetapkan pada alquran dan hadis. Dan sepanjang tiga tahun ini BAZNAS Kabupaten Pesawaran merupakan terbaik se-Provinsi Lampung dalam memanajemen seluruh aktifitas keuangannya, ” kata dia.

 

Ia juga menuturkan, bahwa uang yang diberikan kepada mustakhiq merupakan bukanlah milik pribadi maupun ketua BAZNAS melainkan dari para muzaki yang telah memberikan bantuannya atau mengeluarkan zakat infak dan sedekahnya.

 

“Ini bukan uang pribadi saya maupun Ketua BAZNAS namun berkat kerja kerasnya dalam menghimpun dana dari donatur atau muzaki, maka dari itu mohon doakan agar mereka semua sehat dan tetap istiqomah dalam menjalankan tugasnya, ” tutur dia.

 

Dendi juga mengharapkan kepada yang telah menerima bantuan tersebut kedepan dapat menjadi donatur atau pemberi bantuan sehingga terpacu semangatnya agar lebih baik.

 

“Saya doakan, semoga rumahnya berkah rumah tangganya sakinah dan kedepan bisa menjadi pemberi bantuan. Semangat ya, semoga bermanfaat, ” ucap dia.

 

Untuk diketahui, BAZNAS Kabupaten Pesawaran telah mendistribusikan bantuan pada 1 Januari – 30 November 2021 untuk Bantuan Pendidikan: 704.370.500, Bantuan Kesehatan: 455.029.000, Bantuan Kemanusiaan : 2.873.577.843,Bantuan Ekonomi: 3.000.000, Bantuan Dakwah dan Advokasi: 208.625.000 dengan total keseluruhan sebesar Rp4.244.602.353, -.

 

“Semua yang terlibat dalam kegiatan penyaluran dan penghimpunan BAZNAS kita doakan mendapatkan pahala di akhirat kelak, aamiin,” tegas dia. (*/SB)

Related Posts

About The Author

Add Comment

8 views