Wujudkan Pam Swakarsa Mandiri, Polres Tulang Bawang Barat Gelar Apel Satkamling.

 

TUBABA(SB) -Polres Tulang Bawang Barat, Polda Lampung menggelar Apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling). Ini untuk memantapkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

Apel digelar di lapangan apel Polres Tulang Bawang Barat, Rabu 21 Juni 2023. Kegiatan diikuti oleh perwakilan Satkamling dari tiap kecamatan se Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Kapolres Tulang Bawang Barat AKBP Ndaru Istimawan, S.IK melalui amanat Kapolri yang dibacakan oleh Waka Polres Tulang Bawang Barat Kompol Heru Sulistyananto, S.H, M.H mengatakan, Apel ini untuk melihat kesiapsiagaan dan upaya meningkatkan pam swakarsa, guna menjamin keamanan yang kondusif. Ini juga sekaligus sebagai evaluasi sejauh mana keberhasilan dan sistem mana yang perlu diperbaiki untuk mewujudkan keamanan mandiri.

‘’Keberhasilan dalam menciptakan situasi kondusif tidak terlepas dari besarnya partisipasi seluruh masyarakat baik yang berupa kelompok Satkamling ataupun kelompok potensi masyarakat lainnya.’’ucapnya.

Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Hal ini sejalan dengan Program Transformasi Menuju Polri yang Presisi tepatnya pada kebijakan Transformasi Operasional program ke-5 dan kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran aktif pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pamswakarsa.

Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling. Kehadiran Satkamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS, dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa.

Selain itu, Polri juga telah menerbitkan Perpol No. 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa

Saat ini, Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024. Saya berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing- masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama.

Kita harus mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi, karena keberhasilan ini akan menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan dalam menyongsong Visi Indonesia Emas yang kita cita-citakan bersama.

‘’Di tengah keterbatasan personel, maka peran masyarakat juga sangat vital sekali dalam mewujudkan hal itu. Sinergitas antara masyarakat dan personel Bhabinkamtibmas harus terus ditingkatkan dengan melakukan kegiatan pam swakarsa’’imbuhnya.

Jauh sebelum Sat Kamling dilaksanakan, Sat Binmas Polres Tulang Bawang Barat telah menggelar lomba Satkamling tingkat Kabupaten Polres Tulang Bawang Barat Lomba Sat Kamling dilakukan untuk meningkatkan ketrampilan warga masyarakat saat melaksanakan ronda malam di tiap-tiap desa sebagai upaya pencegahan gangguan kamtibmas, untuk sebagai juara Terbaik Satkamling Menangkan oleh Tiyuh Margo Mulyo Kecamatan Tumijajar.

Ada beberapa kriteria penilaian dalam lomba itu. Namun yang paling penting adalah bagaimana masyarakat faham tugas dan tanggung jawabnya saat melaksanakan ronda malam jika ditemui gangguan kamtibmas serta pencegahannya.*(humas_tubaba).*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.