Warga Gedung Aji di Verifikasi oleh TIM ODF Lampung

TULANG BAWANG(SB) – Warga disekitar Puskesmas Gedung Aji Kabupaten Tulang Bawang menerima kedatangan Tim Verifikasi Open Defecation Free Lampung, Kamis (27/5/2021).

Sebelum melakukan verifikasi di tiap rumah warga, tim dan pendamping berkumpul di Aula Kecamatan Gedung Aji untuk membagi tim yang akan turun ke rumah-rumah warga.

Pembagian tim verifikasi ODF untuk hari pertama Kamis 27 mei 2021 untuk 2 kampung yakni, Kampung Bandar Aji Jaya dan Kampung Aji Mesir tim ODF provinsi yang didampingi oleh tim ODF Puskesmas Gedung Aji.

“Yang dimaksud open defecation free adalah kondisi ketika setiap individu atau masyarakat tidak buang air besar sembarangan. Pembuangan air besar yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit di lingkungan,” ungkap ketua Tim ODF Provinsi Lampung

Masih lanjutnya, sehingga untuk mencegah perilaku ini, harus dilakukan kegiatan pemantauan langsung dan bimbingan dari dinas terkait

“Verifikasi ODF adalah proses memastikan status ODF suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan,” Katanya

Dalam kegiatan ini tim open defecation free memilih secara langsung rumah warga untuk di verifikasi yang didampingi oleh pihak puskesmas dan Aparatur Kampung masing-masing.

Pengecekan jamban dirumah warga Kecamatan Gedung Aji Tim verifikasi ODF setelah turun kelapangan memberikan pesan kepada warga untuk memperbaiki jamban yang belum sesuai standar sehingga nanti bisa memjadi jamban sehat permanen.

Selain itu kepala Puskesmas Kecamatan Gedung aji Nusirwan berpesan agar masyarakat lebih menjaga kesehatan dengan tidak buang air besar sembarangan.

“Verifikasi ODF bertujuan agar terwujudnya sanitasi yang aman guna mencegah timbulnya penyakit, misalnya penyakit diare dan menekan angka stunting pada balita. Kegiatan verifikasi ini sangat bermanfaat untuk warga masyarakat Kampung Kampung di wilayah Kecamatan Gedung Aji,” tutup Nusirwan. (Lim)

Related Posts

About The Author

Add Comment

4 views