Daerah  

Sambut Bulan Puasa, Ikatan Sanggar Marga Way Lima Adakan Tradisi Buliau

PESAWRAN(SB) – Ikatan Sanggar Marga Way Lima (ISMA) mengadakan Tradisi Bulimau yang digelar di Wisata Bronjongresort Desa Cipadang Gedung Tataan Pesawaran, Kamis(31/32022).

Sandi Victori ketua ISMA mengatakan, Bulimau merupakan tradisi yang istimewa bagi masyarakat Lampung pesisir atau marga Way Lima dalam menyambut bulan suci ramadhan.

Acara dilaksanakan menjelang masuknya bulan puasa, Di samping sebagai luapan kegembiraan, upacara ini merupakan simbol pembersihan diri.

“Bulimau itu sendiri adalah mandi dengan menggunakan air yang dicampur dengan limau atau jeruk. Limau yang digunakan bermacam-macam kadang limau purut, limau nipis atau limau kapas. Bulimau diwarnai dengan upacara adat yang mengandung nilai sakral yang unik.”ujar sandi yang terlihat gagah menggunakan Pakaian Adat Lampung di tengah-tengah Acara.

Sandi Melanjutkan, Acara ini dipusatkan di Desa Cipadang Gedung Tataan Pesawaran tepatnya di wisata Bronjongresort.

“Bulimau bagi masyarakat Lampung Pesisir mempunyai makna yang mendalam yakni bersuci sehari sebelum Ramadhan,” jelasnya.

Biasanya, ujar sandi, bulimau dilakukan ketika petang sebelum Ramadhan berlangsung.
Dari kaum yang tua sampai kaum yang muda turun ke sungai dan mandi bersama.
Tradisi ini, berlangsung secara turun temurun di kalangan Marga Way Lima.

“Tradisi dilakukan hampir di seluruh wilayah Kabupaten Pesawaran Lampung yang ada, dengan nama berbeda satu sama lain,”ujarnya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran Ketutbpartayasa mengatakan bahwaTradisi Bulimau ini akan dijadikan Agenda Tahunan dalam bentuk Festival/Event wisata Budaya kedepannya.

“Kita akan jadikan Bulimau ini Event tahunan semacam Festival, mengangkat tema adat kearifan lokal serta wisata budaya dikabupaten pesawaran,”pungkasnya.

Diketahui, Hadir Dalam Acara Tradisi Bulimau ini Ketua MPAL Pesawaran Farifki/Sunttan Junjungan Marga, Pembina ISMA Mustika Bahrum/Sunttan Pengayom Marga, Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Pesawaran (Saptoni), Ketua Garda P3R Kabupaten Pesawaran Sapturizal, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran (Ketut Partayasa, S.Sos.,M.M.), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesawaran, Karang Taruna Pesawaran, KNPI Pesawaran, Camat Gedung Tataan, Kepala Desa Cipadang Gedung Tataan dan Kepala Desa Kuta Dalom Way Lima, Ketua Pokdarwis Pelangi Cipadang, dan Para Komunitas Sanggar Budaya yang tergabung didalam ISMA dan Undangan lainnya.

Terlihat antusias masyarakat Dalam menyaksikan Acara Tradisi Bulimau yang digelar oleh ISMA atau Ikatan Sanggar Marga Way Lima di Wisata Bronjong Way Lima ini dengan Kunjungan Wisatawan yang menyaksikan Langsung sejumlah 2000 lebih Pengunjung Wisata.(Re)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.