Daerah  

PTPN IV Reg.7 KSO Latih Petani Sawit Eks. Plasma

BANDARLAMPUNG – Sebanyak 58 petani sawit mengikuti In House Training selama tiga hari yang diselenggarakan PTPN IV Regional 7 KSO, di Hotel Golden Tulip, Bandar Lampung sejak Kamis (27/6/2024). Kegiatan dibuka Region Head PTPN IV Regional 7 KSO, Denny Ramadhan. Peserta pelatihan berasal dari eks. Plasma PTPN VII Rawapitu, Muara Enim, Musi Banyuasin, dan Prabumulih.

 

Materi pelatihan terdiri atas teori di kelas dan praktek di lapangan disampaikan oleh para expert dan praktisi dari perusahaan. Hari pertama disampaikan materi teknik budidaya kelapa sawit dengan pendekatan teknologi terbaru. Hari kedua peserta dibawa ke Kebun Kelapa Sawit Bekri untuk melihat proses budidaya dari pembibitan, tanam, pemeliharaan, pemupukan, dan proses panen; sedangkan hari ketiga diisi dengan penyegaran berupa family gathering di Pulau Pahawang.

Denny Ramadhan mengatakan kegiatan In House Training ini merupakan implementasi dari Program Strategis Nasional (PSN). Program ini bertujuan untuk mewujudkan kemandirian, khususnya di bidang ketahanan pangan dan energi. Integrasi PTPN Group ini juga merupakan bentuk dukungan perusahaan dalam memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan melalui hilirisasi sektor pangan, mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan melalui Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).

“Hadirnya skema pembiayaan BPDP-KS dalam PSR merupakan harapan baru bagi Petani kelapa sawit secara umum dan secara khusus Petani eks Plasma, PTPN IV Regional 7 KSO (dahulu PTPN7) sudah terlibat aktif sebagai mitra offtaker dan pendamping teknis dengan terealisasinya PSR di Eks Plasma PIRSus II A Sungai Niru dan PIRSus II B Sungai Lengi, ” kata Denny.

Proses PSR di kebun eks Plasma PTPN IV Regional 7 KSO (dahulu PTPN7) merupakan perjalanan yang panjang dengan melibatkan banyak Instansi. Proses ini diawali sosialisasi revitalisasi peremajaan kelapa sawit melalui skema pendanaan dari BPDP-KS yang dilaksanakan di Dinas Perkebunan Sumatera Selatan tanggal 04 November 2015 dimana dari kegiatan tersebut PTPN7 Unit Sungai Lengi dan Disbun Muara Enim menyampaikan proposal PSR PIRSus II B Sungai Lengi UPT III Koperasi Bina Sejahtera Desa Fajar Indah Kec. Gunung Megang sebagai Pilot Project.

Selanjutnya, tambah Denny, dilakukan beberapa kali kunjungan ke BPDP-KS bersama Disbun Kab. Muara Enim serta staf ahli Gubernur Sumsel. Pondasi awal pelaksanaan Pilot Project skema BPDP KS pada saat seluruh persyaratan telah dipenuhi dan turun ijin prinsip (rekomendasi teknis) oleh BPDP-KS serta terbentuknya kesepakatan antara pihak terkait dalam bentuk Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) dimana PTPN VII sebagai Offtaker dan pendamping teknis, tanam perdana yang dilaksanakan 9 Mei 2018 di Koperasi Bina Sejahtera Desa Fajar Indah dengan luasan tanam 200,09 Ha untuk 100 KK.

Denny berharap dengan kerjasama ini dapat membangun hubungan kemitraan yang saling menguntungkan, dimana Lembaga Petani sebagai rantai pasokan (supply chain) PKS PTPN IV Regional 7 KSO.

Program sinergi PTPN IV Regional 7 KSO dengan lembaga petani serta Dinas Perkebunan dalam program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) untuk mewujudkan kemitraan yang produktif. Program ini juga didukung oleh Bank Mandiri sebagai pemberi pinjaman modal kepada petani.

Dalam laporannya Ketua Panitia Ilen Nawangsari mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi Lembaga Petani sehingga memahami norma teknis budidaya kelapa sawit.

Selain itu, agar terwujudnya sustainability dalam budidaya kelapa sawit dengan bukti konkret terbitnya sertifikasi ISPO untuk Lembaga Petani. Dan menjalin kerjasama offtaker antara PTPN IV Regional 7 KSO dengan Lembaga Petani sehingga terwujud hubungan kemitraan yang produktif.

Pada kesempatan itu dilaksanakan juga penandatangan kerjasama Offtaker antara PTPN IV Regional 7 KSO, Koperasi Bina Sejahtera Desa Fajar Indah, Gapoktan Kebangkitan Kasih Desa Karya Mulia, dan Koperasi Maju Bersama Desa Kencana Mulia.

Penandatangan perjanjian oleh Region Head PTPN IV Regional 7 KSO, Denny Ramadhan didampingi oleh SEVP Operation Darmansyah Siregar dan SEVP Bussines Support, Bambang Eko Prasetyo, dengan Koperasi Bina Sejahtera Desa Fajar Indah yang diwakili oleh Roni, Gapoktan Kebangkitan Kasih Desa Karya Mulia yang diwakili Hariyono, dan Koperasi Maju Bersama Desa Kencana Mulia yang diwakili Edy Suwito.

Selain itu dilaksanakan juga penandatanganan Nota Kesepahaman antara PTPN IV Regional 7 KSO dengan PT Bank Mandiri Persero Tbk. tentang Kerja Sama Penggunaan Jasa dan Produk Perbankan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.