Polres Pesawaran Gelar Apel Pergeseran Pasukan Dalam Rangka Pengamanan Pilkada

PESAWARAN(SB) – Jajaran personil gabungan Polres Pesawaran menggelar apel Pergeseran Pasukan (Serpas) dalam rangka pengaman Pilkada Kabupaten Pesawaran tahun 2020, Selasa 08/12/2020 di Lapangan Mapolres Pesawaran Pukul 08.00 WIB.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dir Pamobvit Polda Lampung Kombespol Yusman Jaya, S.IK, AKBP Yusep Arpan, S.H., M.H, Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo, S.IK, M.H., Waka Polres Pesawaran Kompol Yohanis S.H, M.H, PJU Polres Pesawaran, Dan Brigif 3 Mar B/S Kol. Mar Nawawi, Danyonif 9 Marinir Letkol Mar James Monthe, Danlanal Lampung Kol. Mar Amrul Adriansyah.

Hadir juga Danramil Gedong Tataan/Pabung Kapten Inf Sugeng Pamuji, Ketua KPU Kab. Pesawaran Yatin Putro Sugino, Kasat Pol PP Drs. Effendi, Ka BPBD Mustari, S.pd., M.M, Kordiv Penyelesaian sengketa Bawaslu Kab. Pesawaran Feri Ihsan S.Pd. Serta 215 Personil Polres Pesawaran, 80 Presonil Sat Brimob BKO Polda Lampung,100 Personil BKO Polda Lampung,102 Personil BKO Polres Pringsewu.

Dalam Amanat Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo, S.IK, M.H., menyampaikan berdasarkan perkiraan intelejen dan hasil rapat koordinasi kesiapan pengamanan bersama instansi terkait, telah dilakukan maping potensi kerawanan diwilayah Kabupaten Pesawaran.

“Saya yakin dan percaya seluruh personil yang melaksanakan pengamanan di tps mampu melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan berdedikasi tinggi dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang berat dalam pengamanan pilkada serentak tahun 2020 ini, apalagi konsentrasi kita terbagi dengan adanya dampak virus covid-19 dalam pelaksanaan pengamanan pemungutan suara pada pilkada tahun 2020 ini, namun hal tersebut tidak menjadi kendala,” ujar Kapolres.

Dalam kesempatan ini Kapolres juga mengingatkan 12 hal baru yang nantinya bisa disampaikan dan terapkan di tps antara lain :
1. Wajib menggunakan masker;
2. Jaga jarak minimal 1 meter;
3. Cuci tangan sebelum dan sesudah mencoblos;
4. Mengukur suhu tubuh
5. Gunakan sarung tangan plastik
6. Gunakan tinta tetes
7. Daftar pemilih maksimal 500 pemilih tiap tps;
8. Kpps dilengkapi dengan APD;
9. Penyemprotan disenfektan secara berkala;
10. Bilik khusus bagi pemilih bersuhu diatas
11. Tidak berkerumun; dan
12. Hindari kontak fisik di TPS.
“Saya selaku Kapolres Pesawaran mengharapkan keseriusan dan kesungguhan dalam mengemban tugas pengabdian kepada bangsa dan negara serta menjunjung netralitas dalam pengamanan pilkada serentak tahun 2020 ini,”

“Hadirin peserta apel yang saya banggakan, untuk menghadapi tugas mulia dalam rangka pengamanan pemungutan suara pilkada serentak kabupaten pesawaran tahun 2020, pada kesempatan apel pergeseran pasukan ini, saya menghimbau kepada seluruh personel yang akan melaksanakan pengamanan agar mempedomani dan melaksanakan antara lain :

1. Siapkan kondisi mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi, sehingga dapat menampilkan jati diri sebagai petugas pengamanan dan menjadi sosok yang profesional, modern dan terpercaya serta dapat sebagai penegak hukum yang jujur, adil, transparan dan akuntabel;
2. Pedomani aturan perundang-undangan terkait pilkada serta sop pengamanan yang berlaku;
3. Dalam menjalankan tugas pengamanan agar selalu memperhatikan protokol kesehatan, gunakan alat perlindungan diri (apd) seperti masker agar terhindar dari virus covid-19.
4. Personel yang melaksanakan pengamanan agar segera melakukan koordinasi untuk mengetahui lokasi tps dan potensi kerawanan yang menjadi tanggung jawabnya serta bekerja sama dengan penyelenggara di tps.
5. Pelajari situasi dan kondisi serta kerawanan di masing-masing tps dan kenali tokoh-tokoh yang dapat membantu bila terjadi suatu permasalahan di tps;
6. Hindari tindakan arogan, pelanggaran maupun penyimpangan yang dilakukan oleh personil polri sebagaimana yang telah digariskan oleh pimpinan polri serta tunjukan sikap netralitas dan tidak berpihak kepada salah satu paslon;
7. Laksanakan tugas mulia ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan laporkan setiap perkembangan dimana saudara bertugas;
Setelah dilaksanakan Apel Pergeseran pasukan dilanjutkan pembagian Duklog kepada Personil BKO, dan pasukan personil yang terlibat langsung menuju ke TPS masing masing. Apel Pergeseran pasukan selesai jam 09.00 Wib dalam situasi aman Kondusif. (*/SB)

Related Posts

About The Author

Add Comment

2 views