Pelayanan Disdukcapil Sering Dikeluhkan, Dendi Marah Saat Sidak

PESAWARAN,SB – Banyaknya keluhan masyarakat terkait kosongnya Blangko E-KTP dan buruknya pelayanan Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil Pesawaran, Bupati Dendi melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) di kantor tersebut.

Kedatangan secara tiba-tiba orang nomor satu di birokrasi Pemkab Pesawaran ini menyita perhatian masyarakat yang sedang mengurus berkas di kantor tersebut.

Di kantor Disdukcapil, Dendi tidak bertemu dengan Kadisdukcapil Ketut Partayasa.

Namun, di lokasi Dendi hanya menemukan Sekretaris Disdukcapil, Yunita S.Ag, Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data Drs. Bunyamin, beberapa Kasi dan beberapa staf.

Ketut Partayasa S.Sos.,MM dilaporkan tidak ada di kantor dan saat ini sedang dinas luar.

Dengan wajah sedikit marah, Bupati Dendi itu pun menyampaikan keluhan masyarakat ke pihak Disdukcapil.

Ia merasa kecewa karena mendengar keluhan masyarakat yang sampai ke telinganya.

“Saya dengar Keluhan dari Masyarakat, dia mau urus E-KTP, katanya Blanko kosong, blanko kosong” ungkap Dendi di hadapan pegawai Disdukcapil.

Anehnya, Dipapan Informasi Tertulis Blanko E-KTP Nol, namun hasil sidak Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menemukan sekitar kurang lebih 500 blanko E-KTP kosong.

“Ternyata ada, tapi karena dinasnya lagi DL tidak berani mengeluarkan, seharusnya tidak boleh, mau DL mau apa harus ada pendelegasian,” ucap Dendi.

Dendi meminta SOP Dinas Dukcapil agar lebih baik lagi alurnya.

“Saya minta SOP didinas ini lebih baik lagi alurnya, kalau yang bertanggung jawab lagi DL ya harus ke Kasinya, kalau Kasinya tidak ada ya berikan siapa yang lebih bertanggung jawab lagi, jadi tidak ada lagi blanko kosong,” ungkap Dendi.

Sekretaris Disdukcapil, Yunita S.Ag saat dikonfirmasi oleh awak media soal temuan Sidak Bupati Pesawaran mengatakan bahwa Blanko E-KTP itu baru sampai kemarin kebetulan Kabid dan Kasinya sedang DL

“Kebetulan blanko E-KTP itu kemarin baru sampai kemudian kebetulan Kabid dan Kasinya dinas luar,” ungkapnya.

Yunita mengatakan untuk kedepan akan ditertibkan lagi

“Kedepan akan kita tertibkan lagi semua tugas loket, semua tugas operator, semua yang bertugas untuk melayani Masyarakat supaya pelayanan lebih dipercepat,” tambahnya.

Yunita berjanji akan menegur keras Kabid dan Kasi yang menangani E-KTP

“Saya akan tegur keras Kabid dan Kasi yang menangani ini, nanti akan kita tertibkan lagi blanko E-KTP itu dibendahara Barang, setiap hari bendahara barang akan mengeluarkan sesuai perintah dan sesuai ACC,” ucapnya.

Usai Disidak Bupati, Sekretaris Disdukcapil Yunita S.Ag langsung mengumpulkan seluruh staf diruangan Data Center Disdukcapil Pesawaran guna memberikan himbauan dan arahan agar ditingkatkan lagi pelayanan kepada masyarakat agar kejadian serupa tidak terulang kembali. (Suprihadi)

Related Posts

About The Author

Add Comment

1.872 views