Para Tokoh Siap Bentuk Panitia Pemekaran Kabupaten Tulang Bawang Timur

TULANG BAWANG(SB) – Wacana Pemekaran Kabupaten Tulang Bawang yang akan di mekarkan kembali nampaknya mendapat respon positif, dorongan dan dukungan dari seluruh kalangan masyarakat.

Para tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di sembilan kecamatan menyatakan siap untuk mendukung dan mensukseskan rencana pemekaran kabupaten, Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Tulang Bawang Timur dengan ibu kotanya Gedung Aji. Dan siap untuk membentuk Panitia Pemekaran Pembentukan Kabupaten Tulang Bawang Timur (PPPKTT).

Sebelumnya, Bupati Tulang Bawang, Winarti dan Ketua DPRD Tulang Bawang, Sopi’i, serta para anggota DPRD Tulang Bawang lainnya sangat merespon “koor” dan “klik” dengan adanya dorongan Pemekaran Kabupaten.

Akan segera dibentuknya panitia pemekaran, itu terungkap dalam agenda Reses anggota DPRD Tulang Bawang, Teguh Jayadi di Dapil VII (Kecamatan Rawapitu, Meraksa Aji, Penawar Aji, Gedung Aji). Dan Reses Ketua DPRD Tulangbawang, Sopi’i, di Dapil III (Kecamatan Penawar Tama dan Gedung Aji Baru).

Teguh Jayadi mengatakan, bahwa para tokoh di empat kecamatan setuju dan siap membentuk panitia pemekaran. Mereka setuju dengan nama Kabupaten Tulang Bawang Timur. Dan nama ibu kotanya adalah Gedung Aji.

Diberitakan Hariantuba.com sebelumnya, wacana Pemekaran Tulang Bawang, membentuk Daerah Otonomi Baru (DOB) dengan nama Kabupaten Tulang Bawang Timur, ibu kotanya Gedung Aji berbarengan dengan sejumlah daerah di Provinsi Lampung yang tengah menggodok pembentukan DOB. Hal ini menjadi pondasi kuat untuk memperjuangkannya ditingkat pusat.

Inilah calon Kabupaten baru atau calon Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Lampung. Salah satunya yang telah digagas dan wacanakan adalah calon DOB Kabupaten Tulang Bawang Timur (Ibu Kota Gedung Aji) pecahan dari (Kabupaten Tulang Bawang) meliputi sembilan (9) Kecamatan,1.Penawartama
2.Gedung aji baru, 3.Rawa jitu selatan, 4.Rawa jitu timur, 5.Rawa jitu utara ( kab.mesuji), 6.Rawa pitu, 7.Penawar aji, 8.Meraksa aji, 9.Gedung aji.

A. Kabupaten Seputih Timur
(Pecahan Lampung Tengah)
Meliputi delapan (8) Kecamatan

1.Bandar Mataram
2.Seputih Banyak
3.Way Seputih
4.Rumbia
5.Putra Rumbia
6.Bumi Nabung(Ibu Kota)
7.Seputih Surabaya
8.Bandar Surabaya

B. Kabupaten Seputih Barat
(Pecahan Lampung Tengah)
Meliputi delapan (8) Kecamatan

1.Padang Ratu (Ibu kota)
2.Anak Tuha
3.Anak Ratu Aji
4.Bangun Rejo
5.Kalirejo
6.Pubian
7.Sendang Agung
8.Selagai Lingga

C.Kabupaten Natar Agung,
nama alternatif Kabupaten Bandar Lampung
(Pecahan Lampung Selatan)
Meliputi lima (5) Kecamatan
1. Natar
2. Jati Agung (Ibu kota)
3. Tanjung Bintang
4. Merbau Mataram
5. Tanjung Sari

D. Kabupaten Lampung Tenggara
(Pecahan Lampung Timur)
Meliputi dua belas (12) Kecamatan

1.Bandar Sribhawono
2.Melinting
3. Gunung Pelindung
4.Braja Selebah
5.Sekampung Udik
6.Jabung
7. Pasir Sakti
8.Waway Karya
9.Labuhan Maringgai (Ibu kota)
10.Mataram Baru
11.Marga Sekampung
12.Way Jepara

E. Kabupaten Sungkai Bunga
Mayang.
(Pecahan Lampung Utara)
Meliputi delapan (8) Kecamatan

1.Sungkai Utara
2.Sungkai Selatan
3.Sungkai Tengah
4.Sungkai Barat
5. Sungkai Jaya
6.Muara Sungkai
7.Bunga Mayang (Ibu kota)
8.Hulu Sungkai

Ketua DPRD Tulangbawang dari PDIP, Sopi’i, mengaku siap untuk menjadi jembatan dorongan aspirasi wacana Pemekaran Kabupaten Tulangbawang. Intinya dirinya siap untuk berjuang bersama – sama. Siap berjuang sekuat tenaga dan pikirannya.

Tokoh Kecamatan Penawartama ini menambahkan, adanya wacana dan dorongan aspirasi Pemekaran Kabupaten setidaknya bisa menjadi tanda adanya jejak peninggalan buat generasi selanjutnya. Menyiapkan masa depan terbaik buat mereka para generasi muda penerus pembangunan.

“Secara pribadi saya siap menghantarkan. Dan siap untuk menjadi jembatan emasnya dalam memperjuangkan wacana dan dorongan aspirasi Pemekaran Kabupaten Tulangbawang,”kata dia. (*/salim)

Related Posts

About The Author

Add Comment

1 views