Opini  

Opini : Peran penting pemuda dan mahasiswa dalam menjelang pemilu di tahun 2024

Oleh: Alfan Rois

Dilihat dari catatan sejarah, pemuda dan mahasiswa memiliki peran yang sangat penting dalam setiap perubahan yang terjadi di negeri ini.

Pemuda dan Mahasiswa adalah merupakan Agen Of Change ( Agen Perubahan ) dalam negeri ini.

Dari catatan peristiwa besar menunjukan aksi nyata dan peran pemuda untuk kemajuan bangsa. Sejak sebelum proklamasi kemerdekaan hingga sekarang, kejadian penting tidak bisa dipisahkan dari cerita anak muda bangsa.

Berdirinya Budi Utomo pada tahun 1908, Sumpah Pemuda 1928, Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, Peristiwa Malari 1974, hingga masa reformasi oleh gerakan mahasiswa pada 1998 adalah bukti kuat peran pemuda dan mahasiswa.

Dan pada momentum ini peran aktif pemuda dan mahasiswa dalam Pemilu Di Tahun 2024 sangat penting dan sangat di perlukan.

Oleh sebab itu disini peran pemuda dan Mahasiswa akan menjadi catatan penting dalam keterlibatan Pemilu di tahun 2024 dan ini akan menjadi ajang nyata bagi pemuda dan mahasiswa dalam menampilkan peran secara langsung dan nyata.

Dalam momentum pemilu di tahun 2024 ini pemuda dan mahasiswa harus aktif dalam membangkitkan girah Pemilu sehingga bisa berperan dalam mempertahankan kemurnian demokrasi yang ada di negri ini, pemilu di tahun 2024 ini jangan sampai di manfaaatkan untuk sekedar mencari keuntungan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Untuk Menjaga marwah Demokrasi, Perlu ada Peran dari Mahasiswa dan pemuda sebagai Agen Of Change, dengan cara mengeluarkan ide dan gagasan yang baik untuk kita salurkan kepada pemangku kepentingan. Akan tetapi, Tugas utama mahasiswa dan pemuda dalam Pemilu di Tahun 2024 untuk bisa bersama-sama dan membantu Penyelenggara Pemilu (KPU, BAWASLU, dan DKPP) untuk memantau dan mengawasi proses pemilu agar bisa sukses sesuai dengan harapan bersama.

Dengan jiwa idealis serta keberanian dan keterbukaan sikap pemuda dan mahasiswa yang kritis dapat menjadi formula untuk menangkal politik uang (money politics) Maupun politik menyimpang sehingga bisa terjadi pemilu yang bersih dan sehat.

Salah satu Gerakan-gerakan yang bisa kita Pemuda Dan Mahasiswa Lakukan yaitu bisa Berperan dalam penyelenggara Pemilu, Baik Di ruang lingkup Kampus, RT/RW, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Bahkan Kabupaten/kota dapat dilaksanakan agar terciptanya penyelenggara Pemilu yang bijaksana, jujur, dan adil sesuai dengan aturan Perundang-undangan yang berlaku, dan tentu kita sebagai mahasiswa dan pemuda harus menjadi pemilih yang cerdas dengan memilih pemimpin yang baik dan terbaik.

Hadirnya pemuda dan mahasiswa dapat menggiring opini masyarakat secara luas, terkhusus di kampus dan daerah bahkan di perkampungan untuk menghapus stigma bahwa “politik itu kotor!” Dengan demikian proses penyelenggaraan pemilu bisa di jalani sesuai dengan keinginan masyarakat luas.

Memang Tatanan politik yang baik, bersih yang sesuai harapan memerlukan proses dan waktu yang cukup panjang untuk mewujudkan hal tersebut, Hadirnya pemuda dan mahasiswa dengan kreativitas harus dituangkan secara aktif dan nyata, Guna mensosialisasikan Pemilu yang sehat dan bersih melalui penggunaan media atau sosial media yang dimana hari ini media sosial lebih dari sekedar kebutuhan sehari-hari.

Oleh sebab itu, Pemuda dan mahasiswa dengan penggunaan media sosial yang sangat lekat secara tidak langsung menumbuhkan jaringan-jaringan baru yang timbul diantara para pemuda dan mahasiswa seperti, organisasi, komunitas dan lainnya yang cenderung dilakukan oleh pemuda dan mahasiswa saat ini, Saya Yakin Pemuda Dan Mahasiswa Bisa Berperan Aktif Dan Berkontribusi Nyata Terhadap Momentum Pemilu Yang Ada Di Indonesia.

 

 

Alfan Rois Pemuda Desa, Yang Juga Mahasiswa Dari Prodi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Tulang Bawang Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.