Daerah  

Opini: Peran penting mahasiswa sebagai Agents Of Change di era digital

Bandar Lampung (SB) – Peran penting mahasiswa sebagai Agents Of Change di era digital tentu sangat penting, dalam hal ini penerapan digitalisasi di era saat ini tentu menjadi bahan diskusi oleh mahasiswa.

 

 

Digitalisasi pada era ini tentu sangat berpengaruh sekali dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Era digital yang terus berkembang pesat, mahasiswa bisa memainkan peran kunci dalam memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan yang ditawarkan oleh perubahan tersebut.

 

 

Dalam era digitalisasi saat ini, mahasiswa memiliki kesempatan besar untuk menemukan keberhasilan di tengah-tengah perubahan dan perkembangan zaman sekarang ini.

 

 

Melihat dari lingkungan dan berbagai aspek masyarakat, pemanfaatan internet dan teknologi digital tumbuh sangat signifikan. Di lihat Pada beberapa sektor, seperti penetrasi internet, penggunaan smartphone, dan adopsi media sosial, angka optimalisasi digital telah mencatat pertumbuhan yang mengesankan. Hal ini menunjukkan bahwa internet telah merangkul dan menyatukan banyak orang dan budayanya.

 

 

Peran mahasiswa dalam digitalisasi tidak hanya terbatas pada penggunaan teknologi saja, tetapi juga mencakup potensi untuk menjadi agen perubahan dalam masyarakat. Mahasiswa dapat mengambil peran aktif dalam mengatasi kesenjangan digital dengan menginisiasi program-program digital yang menyentuh masyarakat sekitar.

 

 

Dalam hal ini mahasiswa memiliki kekuatan untuk mendorong perubahan dan mencapai keberhasilan dalam era digital yang terus berkembang. Mahasiswa dapat menjadi kekuatan penggerak dalam masyarakat dengan mengambil langkah-langkah inisiatif yang kuat dan berani.

 

 

Langkah-langkah inisiatif yang kuat dan keberanian mahasiswa bisa menumbuhkan kekuatan positif dalam memainkan digitalisasi seperti hal nya memainkan internet untuk mendapatkan sumber penghasilan (uang) , seperti membuat aplikasi atau pun jualan umkm melalui media sosial seperti Facebook, instagram dan lain-lain-nya.

 

 

Dalam keberanian dan inisiatif Mahasiswa bisa mendapatkan kesempatan untuk merasakan dunia bisnis digital secara langsung, bahkan mahasiswa hari ini bisa menunjukkan kemampuan dan potensinya kepada dunia melalui digitalisasi.

 

 

Selain dari pada dunia bisnis digital, Mahasiswa bisa menjadikan Digitalisasi sebagian alat Diskusi, webinar, bahkan kampanye edukatif yang mempromosikan prinsip-prinsip good governance dan memberikan pemahaman tentang pentingnya transparansi, partisipasi publik, akuntabilitas, dan supremasi hukum.

 

 

Bahkan Melalui media online Mahasiswa dapat melakukan pemantauan terhadap kebijakan pemerintah dan praktek pemerintahan yang berhubungan dengan good governance.

 

 

Mahasiswa juga dapat mengadvokasi perubahan dengan inisiatif melalui media sosial, membuat petisi online, bahkan demonstrasi di media online.

 

 

Dengan memanfaatkan keahlian nya, mahasiswa dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam menciptakan perubahan yang baik, tata kelola yang lebih baik dan mendorong perubahan positif dalam masyarakat di era digitalisasi saat ini.

 

 

Dalam ungkapan yang di bungkus dengan artikel di atas dapat dimaksud sebagai sebuah inspirasi bagi mahasiswa dalam era digital saat ini. Agar mahasiswa menjadi agen perubahan yang baik, social control, inovator, penjelajah, dan menjadi pemimpin yang berani, serta mampu membuktikan bahwa mahasiswa memiliki kekuatan untuk menemukan keberhasilan di tengah perubahan yang begitu pesat dalam era digital yang terus berlangsung saat ini.

 

 

(Ditulis oleh : Alfan Rois Mahasiswa dari Prodi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Tulang Bawang Lampung.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.