Hujan dan Angin Kencang Robohkan Rumah Warga Di Desa Cilimus Pesawaran

Hujan dan Angin Kencang Robohkan Rumah Warga Di Desa Cilimus Pesawara

 

 

P E S A W A R A N (SB) – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pesawaran langsung merespon dan menangani korban atas nama Ahmud warga Dusun Sembung Desa Cilimus Kecamatan Teluk Pandan yang rumahnya roboh akibat diterjang angin dan hujan lebat, Senin(09/08/2021) sore

 

 

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan informasi tersebut dan memerintahkan Camat setempat guna mengecek secara langsung serta menginventarisir kerusakan dan korban.

 

 

“Ya, sudah ada informasinya dan Camat sudah ke lapangan untuk mengecek dan mendata, nantinya akan diturunkan bantuan guna meringankan beban korban. Ditengah pandemi corona ini kita semua harus waspada, apalagi hujan sudah mulai turun. Geografis kita berpotensi longsor, banjir dan angin puting beliung,” kata dia.

 

 

Ia juga telah mengkoordinasikan kepada dinas terkait agar segera melakukan pemantauan dan segera menyalurkan bantuan yang bakal digunakan secara mendesak seperti makanan, obat-obatan dan lain sebagainya.

 

 

“Untuk rumah yang roboh, nanti bisa dibantu melalui program bedah rumah sehat layak huni dari BAZNAS Kabupaten Pesawaran dan bantuan lain juga segera kita kirimkan, kita minta kepada warga yang menjadi korban bencana tersebut harus tetap semangat dan sabar menghadapinya,” ujar dia.

 

 

Untuk diketahui, menurut Camat Teluk Pandan Zulkifli Nuh bahwa rumah roboh tersebut murni bencana alam akibat hujan disertai angin kencang yang terjadi sekitar Pukul 13.30 WIB, Senin (09/08/2021) dan tidak ada korban jiwa.

 

” Ya Alhamdulillah begitu terima laporan dari Penjabat Kades setempat, kami tim dari Kecamatan langsung terjun ke lokasi yang benar-benar kondisi rumahnya sudah rata dengan tanah. Ini yang menjadi keprihatinan kami untuk bersama bergotongroyong memindahkan peralatan yang ada, dan keluarganya kami ungsikan ke rumah mertuanya sementara waktu,” kata dia yang didampingi PJ. kades setempat Rosmawati.

 

Menurutnya, kejadian tersebut telah dilaporkan kepimpinan (Bupati) dan juga kepada dinas terkait seperti BPBD, Dinas Sosial dan BAZNAS Kabupaten Pesawaran agar segera diperhatikan.

 

” Ya, setidaknya meringankan beban pemilik rumah warga tersebut yang benar-benar membutuhkan uluran tangan untuk dibantu tentu besok kami ajukan langsung ke dinas terkait secara resmi,” ucap dia sambil megangin anunya.

 

Menyikapinya, Ketua BAZNAS Kabupaten Pesawaran Abdul Hamid mengatakan bahwa pihaknya memiliki program unggulan guna menangani korban bencana yang mengakibatkan rumah atau tempat tinggalnya mengalami kerusakan.

 

 

“Ya, segera kita turunkan tim untuk mendata kerusakan rumah. Sesuai dengan program kita, bedah rumah sehat layak huni nantinya segera kita berikan. Semoga korban tersebut dapat terbantu karena ini sifatnya bantuan jadi pengerjaannya juga harus didukung oleh lingkungan sekitar ataupun dari aparatur desa setempat,” kata dia. (*/SB)

Related Posts

About The Author

Add Comment

66 views