Good Corporate Governance Sesuai Perspektif Ajaran Islam (Tata Kelola Perusahaan yang Baik)

Nama : Ratih Hartiana
NPM : 1851030258
Prodi : Akuntansi Syariah F/ semester 4
Mata Kuliah : Manajemen Keuangan Syariah
Dosen Pengampu : Dr. Muhammad Iqbal Fasa, M.E.I

Membuat perusahaan menjadi lebih baik adalah tugas dari setiap perusahaan terutama bagi pihak manajemen, setiap perusahaan memiliki strategi untuk menjadi lebih baik dan ada baiknya sesuai dengan ajaran agama islam selain mendapatkan keberkahan, menjalankan visi dan misi akan lebih mudah.

Good corporate governance iniah yang menjadi kajian agar perusahaan menjadi lebih baik. Good corporate governance adalah tata kelola perusahaan yang baik dan dianggap sesuatu yang sangat penting karena menjadi salah satu mekanisme dalam upaya manajemen laba.

Tujuan dan manfaat good corporate governance untuk menciptakan sistem pengendalian dan keseimbangan mencegah penyalahgunaan dari sumber daya perusahaan dan tetap mendorong terjadinya pertumbuhan perusahaan, penerapan corporate governance ditunjukan untuk meminimalisir manajemen yang dianggap tidak efektif sehingga berpotensi merugikan pihak lain.

Kemudian governance dalam jangka panjang dapat memberikan keuntungan lainnya yaitu menjaga reputasi perusahaan, menjaga kelangsungan perusahaaan, dan menciptakan budaya persahaan yang baik.

Kemunculan istilah coporate governance diawali oleh Cadbury pada tahun 1992. Pada awalnya Cadbury commite mendefinisikan corporate governance sebagai suatu paket kebijakan yang memuat hubungan antara para pemegang saham, manajer, kreditur, pekerja dan stakeholders lain baik secara internal dan eksternal sebagai suatu bentuk tanggung jawab. Corporate governace sendiri adalah sebuah konsep yang didasarkan pada teori keagenan yang diharapkan dapat berfungsi sebagai suatu alat untuk memberikan keyakinan kepada para investor bahwa mereka akan menerima return atas dana yang telah mereka investasikan.

Sedangkan Corporate governance menjadi konsep untuk meningkatkan kinerja perusahaan serta menjamin akuntabilitas manajemen terhadap stakeholder yang didasarkan pada peraturan dan pengelolaan perusahaan lebih transparan bagi semua pengguna laporan keuangan apabila konsep ini diterapkan dengan baik maka pengelolaan perusahaan semakin baik hingga pada akhirnya dapat tercapai kondisi yang menguntungkan berbagai pihak. Dari konsep inilah penerapan corporate governance yang baik dipercaya dapat meningkatkan nilai perusahaan.

Selain tata kelola perusahaan yang baik, perusahaan juga harus memanajemen risiko yang terjadi diperusahaan. Cara yang dilakukan perusahaan dalam memanajemen risiko yaitu perusahaan harus merancang strategi dengan mengidentifikasi ancaman dan peluangnya, kemudian perusahaan harus mampu menganalisis SWOT perusahaan dalam menghadapi krisis dan persiapan strategi juga dibuat dalam jangka panjang sehingga kegiatan yang dilakukan terstruktur dan meminimalisir terjadinya kerugian. Kemudian prinsip-prinsip good corporate governance secara umum yaitu transparan, pertanggung jawaban, akuntabilitas, kemandirian, professional, dan kesetaraan dan kewajaran. Adapun prinsip-prinsip corporate governance dalam perspektif islam diwujudkan melalui kerangka syariah dalam pelaksanaan bisnis, keadilan, dan kesetaraan demi kemaslahatan serta berorientasi pada Allah SWT sebagai pemilik dan otoritas tunggal di dunia. Good corporate governance dalam islam harus mengacu pada prinsip-prinsip berikut :

1. Tauhid yaitu prinsip tentang keesaaan Allah
2. Taqwa dan ridho
3. Ekuilibrium ( keseimbangan dan keadilan)
4. Kemaslahatan
Perusahaan akan lebih baik apabila memiliki strategi dan tata kelola perusahaan yang baik dan tidak curang dalam menjalankan kegiatan baik secara internal maupun eksternal dan ada baiknya menjalankan pengelolaan perusahaan sesuai dengan prinsip-prinsip ajaran islam karena islam mengajarkan hal baik, kebaikan merupakan kunci utama meraih kesuksesan dan maslahah baik didunia maupun diakhirat.

Related Posts

About The Author

Add Comment

7 views