Agus Nompitu: Kita Akan Tingkatkan Daya Saing Pelaku Usaha

BANDARLAMPUNG(SB)- Kepala Dinas Koperasi,Usaha Kecil dan Menengah Lampung Agus Nompitu membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Bidang Koperasi dan UKM di Hotel Emersia Bandarlampung, Kamis (5/3/2020).

Agus Nompitu mengatakan, melalui peran serta musrenbang ini diharapkan dapat membangun sinergi Koperasi dan UMKM dari semua stakeholder demi mewujudkan masyarakat Lampung berjaya.

“Serta meningkatkan daya saing pelaku usaha koperasi dan UMKM melalui program dan kegiatan yang dapat di implementasikan di era industri 4.0 demi percepatan pengentasan kemiskinan di Provinsi Lampung,”ujarnya.

Ia menambahkan, hal tersebut sejalan dengan agenda kerja Gubernur Lampung yaitu “Mengembangkan Ekonomi Kreatif, Koperasi dan UMKM, melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Lampung yang akan melakukan inovasi baru”.

“Beberapa inovasi tersebut antaralain membangun sinergi dan mengembangkan koperasi berbasis desa melalui program One Village One Koperasi (OVOK) yang bertujuan untuk membantu masyarakat Lampung mengembangkan ekonomi kreatif,koperasi dan UMKM, menginisiasi pembentukan Lampung Enterpreneur Center (LEC) sebagi wadah pengembangan kewirausahaan di Provinsi Lampung,” ujar Agus Nompitu di dalam sambutan nya

Kemudian, akan ada pengembangan koperasi pesantren dan santri wirausaha berbasis potensi daerah serta pengembangan koperasi pada desa wisata, Lalu ada Branding UMKM dengan perbankan dan BUMN serta kerjasama stakeholder membangun rumah kreatif.

“Tujuan akhir dari program ini adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan ditopang pula dengan pengembangan sektor UMKM sekaligus mendorong inovasi dan kemajuan IPTEK,”ungkapnya.

Sebagai informasi bahwa perayaan peringatan Hari Koperasi Tingkat Nasional ke 73 Tahun 2020 akan diadakan di Manado Provinsi Sulawesi Utara sedangkan untuk Tingkat Provinsi Lampung akan diselenggarakan di Kabupaten Way Kanan.

“Dengan harapan Kaabupaten/Kota dapat secara bergilir untuk melaksanakan serta memanfaatkan peluang pada event tahunan ini,” tambahnya. (*)

Related Posts

About The Author

Add Comment

5 views