Warga Bantu Petugas Damkar Padamkan Kebakaran Lahan di Way Rantai

PESAWARAN,SB – Damkar Padang Cermin dibantu oleh warga memadamkan api kebakaran lahan di dusun Bunut Tengah Desa Bunut Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran, Kebakaran lahan terjadi sekitar pukul 13.00 WIB, Kamis (26/09/2019).

Wahyudin mengungkapkan Penyebab kebakaran diduga akibat pemilik kebun membuat api perunan dan ditinggalkan begitu saja, akibat angin besar api merembet hingga kekebun warga, sekitar 3 hektar lebih lahan milik warga dilahap Sijago merah

“Pemilik kebun membuat api perunan dilahan miliknya, lalu ditinggal pulang namun akibat angin begitu kencang api menjalar dengan cepat,” ungkap Wahyudin

Setelah kurang lebih satu jam api menyala, Mobil Damkar pun tiba dilokasi namun dengan alasan sulitnya lokasi sehingga Mobil Damkar tidak bisa sampai kelokasi kebakaran.

Iksan, Personil Damkar mengatakan Api sulit dipadamkan karena sulitnya Medan menuju lokasi kebakaran yang harus menyebrang sungai.

“Mobil Damkar tidak bisa kelokasi kebakaran karena harus menyeberangi sungai, terpaksa mesin alkon saja yang kami bawa kelokasi untuk menyedot air sungai dan airnya kami siramkan ke titik api,” ungkap Iksan salah satu petugas damkar.

Hingga pukul 16.30 api belum bisa dipadamkan

“Api belum bisa kami padamkan, untuk mencegah api merambat lebih luas kami menjaga dipinggir supaya api tidak meluas kepemukiman warga,” ungkapnya.

Hal senada pun diungkapkan oleh Roni, Sekdes Desa Bunut yang juga ikut berjibaku memadamkan api bersama aparat dan warga.

“Api sulit kami padamkan, akibat Medan yang sulit, apalagi kondisi lahan yang miring dan kering sehingga api cepat merambat,” ungkapnya.(Suprihadi)

Related Posts

About The Author

Add Comment

262 views