DPRD  

Soal 40 Ruas Jalan, Ini Kata Elly

BANDARLAMPUNG – Wakil I Ketua DPRD Provinsi Lampung, Elly Wahyuni mengapresiasi rencana pemprov setempat untuk memperbaiki 40 ruas jalan dan 11 Jembatan ditahun 2024.

“Tentunya, semua kebijakan yang diambil pemprov untuk kepentingan rakyat kami (DPRD) akan dukung,” ucapnya.

Politisi partai Gerindra ini menilai, perbaikan jalan dan ruas jalan merupakan unsur infrastuktur untuk membangun perekonomian masyarakat.

Dengan adanya perbaikan jalan dan jembatan, diharap jalur perekonomian masyarakat dapat membaik.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas BMBK setempat telah menyusun rencana perbaikan jalan milik Provinsi Lampung di tahun 2024 mendatang.

Ada sekitar 40 ruas jalan dan 11 jembatan yang akan diperbaiki melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) murni 2024 Provinsi Lampung.

Plt. Kepala Dinas BMBK Lampung M. Taufiqullah mengatakan, target perbaikan jalan provinsi tahun 2024 dengan menyelesaikan ruas-ruas jalan yang belum selesai diperbaiki.

“Contohnya ada satu ruas jalan panjangnya 14 km dan 7 km di antaranya rusak. Nah, 7 km itu yang kita perbaiki. Kalau dulu kita lakukan bertahap misal 2 km dulu. Sekarang langsung,” ujar M. Taufiqullah,

Pada APBD murni 2024, kata M. Taufiqullah, Dinas BMBK akan mengerjakan 40 paket pekerjaan atau ruas jalan.

Ruas-ruas jalan tersebut tersebar di 15 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung.

“Sekarang prioritaskan penyelesaian, satu ruas selesai, satu ruas selesai. Jadi pekerjaannya agak sedikit jumlah kegiatannya atau ruas dibanding sebelumnya,” ungkapnya.

  1. Taufiqullah menjelaskan, di dalam 40 ruas tersebut di antaranya adalah penyelesaian 14 ruas jalan perioritas Provinsi Lampung yang telah dikerjakan di 2023.

“2024 kita selesaikan 14 ruas prioritas. Itu target utama. Ruas prioritas ini adalah ruas yang keadaannya rusak, kalau diperbaiki mampunyai daya ungkit ekonomi tinggi,” tuturnya.

Selain ruas perioritas tersebut, menurut M. Taufiqullah, perbaikan jalan juga dilakukan di daerah-daerah yang belum tersentuh sama sekali.

“Kedepan kita minta bangun inpres jalan daerah. Sehingga nggak ada jalan tanah kedepannya,” ucapnya.

Disinggung terkait anggaran dinas BMBK Lampung tahun 2024, dirinya menyebut tidak jauh berbeda dengan tahun 2023, sekitar Rp 800 miliar.

Lebih lanjut M. Taufiqullah juga menyampaikan terkait perbaikan jembatan di tahun 2024 ada sekitar 11 jembatan dengan anggaran yang disiapkan Rp 32 miliar.

“Jadi jembatan ini tidak semua bangun baru, ada yang pergantian box, perawatan, dan lainnya. Total untuk jembatan ini sekitar Rp 32 miliar. Sisanya untuk perbaikan jalan dan lainnya,” tuturnya.

Diketahui sebelumnya, kemantapan jalan milik Provinsi Lampung semakin meningkat hingga akhir tahun 2023.

Pemprov Lampung melalui Dinas BMBK setempat terus melakukan peningkatan kemantapan jalan Lampung.

Taufiqullah mengatakan, kemantapan jalan milik Provinsi Lampung hingga akhir tahun 2023 mencapai 79 persen.

Dari jumlah tersebut masih ada sekitar 21 persen jalan Provinsi Lampung yang belum mantap. Masih dalam keadaan rusak berat maupun ringan.

“Belum mantap ini dalam keadaan rusak berat dan rusak ringan. Sekitar 340 km lah yang masih belum baik. Dari 340 km ada 140 km masih gravel onderlagh dan batu kerikil. Kalau yang masih tanah sudah tidak ada lagi,” ujar M Taufiqullah, Jum’at 22 Desember 2023.

Tentunya jalan yang belum mantap tersebut akan diperbaiki secara bertahap kedepan, untuk meningkatkan kemantapan jalan di Lampung. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.