Daerah  

Kodim 0421/LS Beserta Komponen Masyarakat Menyelenggarakan Penanaman Mangrove Nasional

LAMPUNG SELATAN (SB) – Dalam rangka Penanaman Mangrove tingkat Nasional secara Serentak oleh jajaran TNI di seluruh wilayah di Indonesia, kodim 0421/Ls bersama elemen masyarakat melaksanakan penghijauan dengan menanam 2000 pohon mangrove secara serentak yang dilaksanakan di pantai Bagus, di Desa merak Belatung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Senin (15/05/2023).

Kegiatan penanaman mangrove secara serentak ini dalam rangka memelihara ekosistem lingkungan hidup dan mendukung program pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional, dengan memberikan pagar lautan di wilayah pesisir laut.

Dalam amanat Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E. yang disampaikan Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf. Prasetyo mengatakan, dengan menanam pohon mangrove di sekitar lokasi bibir pantai, harapannya bisa menjaga kelestarian lingkungan hidup, mengurangi abrasi laut dan tempat berlangsungnya hidup biota laut, karena kawasan hutan mangrove adalah salah satu tempat yang paling nyaman untuk beberapa jenis makhluk hidup.

Penanaman Mangrove yang kita laksanakan hari ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara TNI dengan kementerian kelautan dan perikanan tentang penguatan Ketahanan pangan dan pengamanan sektor kelautan dan perikanan serta nota kesepahaman antara TNI dengan kementerian lingkungan hidup dan kehutanan tentang pelaksanaan penanaman Mangrove nasional secara serentak oleh jajaran TNI seluruh Indonesia untuk wilayah Korem/043 Gatam penanaman Mangrove dilaksanakan di kodim 0421/Lamsel.

Harapan kita melalui Rehabilitas penanaman pohon Mangrove ini dapat memberikan kontribusi pendidikan dalam melestarikan keanekaragaman Hayati sehingga selain berpotensi menjadi daerah resapan air juga menjadi obyek wisata lingkungan yang menarik. ini mendukung dan menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang selama ini telah aktif melakukan Rehabilitas mengeluh baik dari unsur pemerintah perguruan tinggi ,swasta ,lembaga Swadaya masyarakat maupun , elemen masyarakat,” pungkasnya

Komandan Kodim 0421/Ls Letkol Inf Fajar Akhirudin S.I.P.,M.Si., melalui keterangan tertulis menambahkan, dalam mendukung program tersebut Kodim 0421/Ls melaksanakan kegiatan penanaman mangrove secara serentak di pantai Bagus di Desa Merak Belatung sebanyak 2000 pohon mangrove dengan luas 2 hektare.

“Penanaman pohon mangrove secara serentak di jajaran TNI di seluruh wilayah Indonesia ini merupakan bentuk antisipasi untuk mengurangi abrasi, serta menjaga kelestarian lingkungan hidup, khususnya di wilayah pesisir Kabupaten Lampung Selatan,” terang Dandim.

Pihaknya berharap, mudah-mudahan pohon yang ditanam bisa bermanfaat menjadi motivasi kelompok masyarakat dan perusahaan untuk terus meningkatkan upaya-upaya pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup, serta sarana edukasi dengan adik-adik mahasiswa untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan asri.

Sementara itu, Fahrizal Darminto Sekda Prov Lampung mengaku sangat mendukung upaya penghijauan dan penanaman tersebut, “Ini adalah giat positif, yang terpenting bukan hanya menanam, namun juga merawatnya hingga benar-benar bisa tumbuh subur dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri juga Oleh Sekda Provinsi Lampung, Kapolda Lampung, Kasrem 043/Gatam dan Forkopimda Kabupaten Lampung Selatan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.