IIB Darmajaya Komitmen Tingkatkan Kualitas Lulusan

BANDARLAMPUNG(SB) – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mewisuda 462 lulusan, di Aula Lantai 3 Gedung Alfian Husin, yang berlangsung selama tiga hari dengan enam prosesi wisuda.

Pelaksanaan wisuda ke-33 dilaksanakan mulai pada Rabu (18/5/2022) hingga Jumat (20/5/2022). Lulusan yang diwida terdiri dari Sarjana (S1), Prodi Manajemen 192 orang, Prodi Akuntansi (105), Prodi Sistem Informasi (78), Prodi Teknik Informatika (48), dan Prodi Sistem Komputer 13 orang.

Sementara, untuk Pascasarjana (S2), terdiri dari Prodi Magister Teknik Informatika 15 orang dan Prodi Magister Manajemen 11 lulusan. Rektor IIB Darmajaya, Dr. Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc., mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah melalui proses hingga berada pada akhir studi untuk melaksanakan wisuda.

“Dua tahun lalu hingga saat ini, pelaksanaan wisuda dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dalam menekan penyebarannya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain,” ungkapnya.

Firmansyah menerangkan wisuda ke-33 terdapat 462 lulusan yang akan menyebar ke masyarakat maupun dunia kerja. “IIB Darmajaya berkomitmen dalam meningkatkan kualitas lulusan tiap tahunnya. Hal ini juga dengan dukungan pengajar yang dibuktikan atas dikukuhkannya seorang guru besar pada 11 Maret 2022 lalu, yaitu Prof. Dr. Anuar Sanusi, S.E., M.Si.,” ujarnya.

Menurut dia, banyak torehan prestasi juga didapatkan Kampus The Best di Indonesia ini. Diantaranya peringkat 11 nasional Institut, dalam Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) Ditjen Ristek Dikti Kemendikbudristek RI pada 15 Januari 2022.

“Mahasiswa Prodi MTI juga meraih juara Lomba Teknologi dan Inovasi yang diselenggarakan Bappeda Kota Metro. Kemudian, salah satu wisudawan Riki Okta Saputra juga terpilih menjadi Duta Pemuda Kebudayaan Provinsi Lampung 2022 dan akan mewakili Lampung di tingkat nasional tahun depan,” tuturnya.

Rektor berpesan para lulusan dapat segera berkarya, berbakti dan berperan aktif dalam meningkatkan kemandirian bangsa dan memajukan perekonomian negara. “Yakinlah, sekecil apapun karya yang dihasilkan, selama dapat memberikan kebanggaan dan kebermanfaatan, orangtua, keluarga, almamater Anda, daerah dan negara juga akan mendapatkan kebanggaan nantinya,” kata Ketua Aptisi Wilayah II-B Lampung itu.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Alfian Husin, Dr. Andi Desfiandi, S.E., M.A., menyampaikan selamat kepada wisudawan dan wisudawati yang berhasil mencapai titik akhir dalam studinya di IIB Darmajaya.

“Semoga apa yang diraih saat ini tidak pernah berhenti untuk terus belajar. Implementasikan ilmu yang didapat dengan menaklukkan dunia kerja dan tetap menjaga hubungan baik dengan almamater,” ucapnya.

Andi Desfiandi berharap lulusan IIB Darmajaya semakin meningkat tiap tahunnya. “Yayasan Alfian Husin juga akan selalu memberikan support kepada IIB Darmajaya dalam memberikan kualitas pembelajaran kepada mahasiswa,” tuturnya.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah II Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) Prof. Dr. Yuliansyah, S.E., M.S.A., Ph.D., yang diwakili Koordinator Akademik, Kemahasiswaan dan Sumber Daya Nurjanah, SE.M.M., mengatakan lebih dari dua tahun pandemi Covid-19 telah memberi banyak pelajaran tentang pentingnya protokol kesehatan (Prokes). “Saya sangat bangga, sekalipun di tengah pandemi Covid-19, Institut IIB Darmajaya mampu menggelar acara Wisuda yang saya catat, sudah kelima periode selama Pandemi dengan lebih dari 20 shiff pelaksanaan wisuda dengan tetap menjalankan prokes yang sangat ketat,” ucapnya.

Kepala LLDikti juga menyampaikan selamat kepada IIB Darmajaya yang hari ini kembali meningkatkan produktivitasnya dengan mewisuda total sebanyak 462 orang alumni baru. “Saya menilai, IIB Darmajaya terus berupaya meningkatkan kualitas atas kualifikasi dan kompetensi dosen, mahasiswa, dan alumninya, sumber daya manusia, fasilitas pembelajaran, dan akreditasnya. Sehingga, partisipasi positif dalam pembangunan sumber daya manusia yang berketerampilan tinggi, profesional dan berbudi luhur di Indonesia pada umumnya dan Lampung pada khususnya dapat terus terlaksana dengan baik dan berkelanjutan,” bebernya.

Sementara, Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi yang diwakili Staf Ahli Bidang Umum dan Keuangan Pemerintah Provinsi Lampung, Syaiful Dermawan mengucapkan selamat kepada para wisudawan/ti ke 33 Periode Mei 2022 IIB Darmajaya. “Kesuksesan yang diraih ini dapat membawa semangat untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat selama berkuliah kepada masyarakat khususnya Provinsi Lampung,” ucapnya.

Wisudawan/ti, lanjut dia, harus mampu bertindak dinamis untuk terjun ke lapangan kerja maupun menciptakan lapangan kerja baru. “Acara wisuda merupakan perpisahan awal dari wisudawan/ti namun teknologi membuat tidak ada jarak untuk tetap bersilaturahmi. Saya berharap alumni IIB Darmajaya dapat menjaga silaturahmi dengan kampus maupun terus berkontribusi dalam pembangunan Lampung Berjaya,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.