Yozi Rizal Minta Tenaga Kesehatan Prioritas Utama yang Divaksin

BANDARLAMPUNG(SB) – Pasca vaksin sinovac Covid-19 tiba di Provinsi Lampung, Senin (4/1), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung meminta agar tenaga kesehatan (Nakes) menjadi prioritas vaksin pertama.

Ketua komisi I DPRD Lampung, Yozi Rizal, mengatakan nakes sangat diperlukan karena mereka pertahanan terakhir. Mengingat, posisinya selalu berada di garda terdepan dalam penanganan pasien.

“Jadi kalau misal tenaga kesehatan itu termasuk Cleaning service, petugas apotik itu juga nakes. Mereka harus yang pertama karena mereka melayani orang-orang yang sakit. Kalau ada masyarakat yang sakit, nakes adalah orang pertama yang menangani,” terangnya, selas (5/1).

Kalau tidak divaksin dulu, kata politisi partai demokrat ini, mereka akan terpapar dalam jumlah yang banyak. Otomatis, menjadi kesulitan ketika melayani masyarakat. Serta lingkungan di sekitar menjadi tidak baik. Itulah kenapa pejuang medis diutamakan.

Selain tenaga medis, prioritas kedua adalah petugas pelayanan publik. Seperti, staf yang membuat kebijakan, kemudian melakukan kontak dengan antar dinas, suka berpindah pindah tempat jadi sering kontak dengan semua orang.
“Memang prinsipnya, kalau terlalu banyak kontak itu resiko tinggi terkena Covid. Kalau berdasarkan prioritas itu yang pertama divaksin nakes dan juga petugas pelayanan publik,” terangnya.

Selain itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung meminta lembaga terkait untuk benar-benar memastikan vaksin sinovac aman dan tidak memiliki efek samping.

“Sampai hari ini BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) belum memberi izin vaksin sinovac untuk digunakan. Inikan ada apa?,”ujar kata dia. (*)

Related Posts

About The Author

Add Comment

1 views