Sosialisasi PIP, Kostiana Ajak Masyarakat Bumikan Pancasila

BANDARLAMPUNG – Anggota DPRD Provinsi Lampung Kostiana yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan Lampung ini mengajak masyarakat untuk membumikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sebab menurutnya, Pancasila merupakan way of life atau pedoman hidup bermasyarakat.

Hal ini disampaikan Kostiana yang juga Bendahara DPD PDI Perjuangan Lampung dalam giat Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila di Jalan Tirtaria, Waykandis, Tanjung Senang, Sabtu (11/3/2023).

“Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa yang memiliki makna bahwa segala kegiatan kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan sila-sila yang ada dalam Pancasila. Oleh sebab itu, Pancasila sebagai inti dari nilai-nilai budaya bangsa Indonesia disebut sebagai cita-cita moral bangsa,” jelas Kostiana.

Saat ini, menurutnya, banyak pihak yang ingin merubah Ideologi Negara yakni Pancasila. Gerakan yang dikenal dengan radikalisme ini terus merongrong Pancasila, membenturkan Ideologi Negara dengan agama. “Kita sebagai anak bangsa dan khususnya generasi muda harus pandai menilai agar tidak mudah terjerumus ke dalam doktrin – doktrin radikal,” tambahnya.

Kesbangpol Lampung Herman Soleh saat menjadi narasumber mengatakan, Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara tidak perlu ada perdebatan, yang diperlukan adalah bagaimana melakukan internalisasi nilai-nilai Pancasila.

Menurut Herman, saat ini ada pihak yang membenturkan Pancasila dengan agama. Hal ini tentu membuat resah masyarakat ketika “terjebak” untuk memilih satu diantaranya.

“Tidak perlu ada pembenturan antara Pancasila dengan agama, tantangan terberat yang kita hadapi saat ini bukan dari luar, akan tetapi ancaman yang datang dari dalam. Untuk menghadapi tantangan tersebut kita harus bersatu melawan kemungkaran itu, caranya adalah mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai ideologi,” jelas Herman Soleh.

Diketahui sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila yang digelar Anggota DPRD Provinsi Lampung Kostiana, turut menghadirkan Herman Soleh dan Darmadi Cipto Prayitno sebagai narasumber, dan juga tokoh masyarakat, serta para pemuda Kelurahan Waykandis.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.