Selain Petani, Nelayan Juga Perlu Perhatian Pemerintah

BANDARLAMPUNG,SB – Ketua Umum DPP Lembaga Aspirasi Rakyat Ashari Hermansyah meminta kepada Gubernur Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim agar memerhatikan kehidupan masyarakat yang ada di daerah pesisir.

Pasalnya, Diera kepemimpinam Arinal-Nunik memiliki program petani berjaya, namun kurang memerhatikan kehidupan masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan.

“Para nelayan yang ada dilautan maupun nelayan pinggiran sungai perlu diberikan kartu nelayan, mengingat tingkat kesejahteraan mereka memprihatinkan. Dengan adanya kartu nelayan berjaya maka akan meringankan beban mereka, apalagi anak-anak mereka rata-rata dibawah standar pendidikan,” ujar Ashari Hermansyah.

Lanjutnya, saat dirinya melakukan kujungan ke Pulau Pasaran, Kelurahan Kota Karang, Tekukbetung Barat masyarakat sekitar memerlukan perhatian dari pemerintah.

“Seharusnya disiapkan usaha ekonomi kreatif untuk para nelayan, selain itu Pulau Pasaran juga cocok dijadikan tempat pengembangan wisata dengan membuat tempat kuliner, ” kata dia.

Selain itu, Kartu Petani Berjaya dirinya juga menyoroti terkait perlu dilakukan pendataan yang matang, jangan sampai ada yang mengaku petani tetapi hanya sekedar ikut-ikutan.

“Dinas Pertanian sebagai leading sektor benar-benar membuat daftar dan data baru para kelompok tani yang tersebar di provinsi Lampung, agar tidak adanya dugaan manipulasi data,” pungkasnya.

Related Posts

About The Author

Add Comment

55 views