RMD Sosper Wawasan Kebangsaan Bersama IMM di Rajabasa

BANDARLAMPUNG(SB) – Rahmat Mirzani Djausal, anggota DPRD provinsi Lampung menggelar sosialisasi pembinaan ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan pengetahuan tentang nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat, khususnya para pemuda di tengah kemajuan teknologi dan perkembangan zaman di Kelurahan Rajabasa Pramuka, Kecamatan Rajabasa, Bandarlampung, Jumat (19/3).

Menurut Ketua Fraksi Gerindra Lampung, peran Pemerintah dalam hal ini legislatif dalam membuat dan mensosialisasikan produk pembinaan ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan di tengah para pemuda dan milenial, diharapkan dapat menjadikan pemuda sebagai generasi bangsa untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

“Tujuan dari digelarnya sosialisasi pembinaan ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan ini yakni untuk menumbuhkan kembali karakter bangsa yang tinggi, dimana pada saat sekarang ini telah memudar seiring dengan arus globalisasi yang masuk ke Negara Indonesia,” jelas Mirza di hadapan para mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Bandarlampung.

Menurutnya, para pemuda jangan melupakan sejarah. Sebab, bangsa ini bisa merdeka karena kesadaran berbangsa dengan mengutamakan keinginan dan tujuan bersama.

“Untuk itu, sosialisasi ini juga berguna untuk menumbuh kembangkan semangat Pancasila kita di tengah masyarakat dan tentunya menghindari paham radikalisme,” jelas Sekretaris Komisi V DPRD Lampung ini.

Sementara, Edi Siswanto, Akademisi FKIP Unila yang menjadi narasumber dalam sosialisasi tersebut mengatakan, bangsa Indonesia punya ideologi Nasionalisme bernama pancasila. Dan menurutnya, generasi muda modern seperti sekarang ini sudah banyak tantangan, seperti tidak lagi berpikir kritis, karena terlalu banyak doktrin.

“Tantangan lainnya yakni malas membaca dan kurangnya sifat patriotisme, dan beredarnya paham radikalisme di tengah masyarakat,” ucapnya.

Senada, Narasumber lainnya Erizal yang merupakan Wakil Ketua Komisi Informasi, mengapresiasi langkah legislator DPRD Lampung dalam menyelamatkan para generasi bangsa dari ancaman-ancaman bangsa, baik dari dalam maupun dari luar.

“Sosialisasi ini diharapkan dapat menyasar generasi muda untuk mengetahui dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dan wawasan kebangsaan di tengah kemajuan teknologi, dari ancaman-ancaman yang bisa memecah bangsa, seperti hoax, radikalisme dan lain-lain,” pungkasnya. (*)

Related Posts

About The Author

Add Comment

4 views