Puluhan Ayam Pelung Ikuti Kontes Latihan Bernilai

LAMPUNG SELATAN(SB) – Khas suara khas ayam pelung terdengar jelas di lapangan Perumahan Mustika Raya I, Seloretno, Sidomulyo , Minggu (23/08/2020).

Pagi itu, puluhan pemilik dan pecinta ayam pelung dari berbagai wilayah di Lampung datang mengikuti Kontes Ayam Pelung yang dilaksanakan oleh Penggemar Ayam Pelung Sidomulyo (PAPSI). Ajang ini diselenggarakan oleh Himpunan Penggemar dan Peternak Ayam Pelung (HIPPAPN) Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung.

Ketua Panitia Latihan Bernilai Ayam Pelung, yang diwakili oleh Ketua DPD HIPPAPN Lampung Selatan Sugeng Budianto, mengatakan, kontes ayam pelung itu digelar untuk merawat dan melestarikan ayam pelung agar ayam pelung dapat lestari, agar Ayam Pelung bisa lebih dikembangkan di seluruh Provinsi Lampung.

“Kegiatan ini salah satu bentuk pelestarian, dan budaya ayam pelung tetap dipelihara untuk dikembangkan. Hampir 80 peserta dari berbagai daerah,” Sugeng, kepada wartawan, di sela-sela kontes.

Selain itu, kontes ini juga merupakan upaya meningkatkan perekonomian masyarakat, karena ayam ini mudah dipelihara oleh siapa pun.

“Ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain mudah dipelihara, jika ayam ini ikut kontes dan menjadi juara maka harganya pun akan meningkat,” ujarnya.

Tak hanya dari Lampung Selatan, peserta juga ada yang berasal dari luar Lampung Selatan, di antaranya Pesawaran, Lampung tengah, Metro, Lampung Utara, Bandar Lampung dan Pringsewu.

Sementara itu, Ketua DPW Lampung HIPPAP Nusantara, Ahsin Rosyadi, Mengatakan Kedepan Kegiatan Latber ini akan dilaksanakan lagi di daerah Lampung tengah, Pesawaran dan Metro

“Insyaallah kegiatan Latihan Bernilai Ayam Pelung ini akan kita laksanakan lagi di Kabupaten Lampung tengah pada akhir bulan Oktober nanti, dibulan November di Kabupaten Pesawaran dan Pada Bulan Desember mendatang akan dilaksanakan di Metro,” terangnya. (Suprihadi)

Related Posts

About The Author

Add Comment

10 views