Daerah  

Produk Unggulan Tulang bawang Kain Sulam Maduaro Tampil Dikancah Internasional

JAKARTA -Produk unggulan kebanggaan Kabupaten Tulangbawang (Tuba), tampil pada pembukaan pameran kerajinan tangan terbesar se-Asia Tenggara, Inacraft 2023 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (01/03/2023).

Pameran bertajuk The 23 Jakarta International Handicraft Trade Fair berlangsung 1 hingga 5 Maret dan dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno, mewakili Presiden Joko Widodo.

Ketua Dekranasda Tulangbawang, Herlinawati Qudrotul, mengatakan, bahwa Kabupaten Tulangbawang, Provinsi Lampung dalam acara Inacraft tahun 2023 ini, menampilkan kain sulam Maduaro yang merupakan ciri khas kabupaten yang berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur.

“Kain sulam Maduaro bisa dibuat beberapa produk diantaranya, gaun kebaya, selendang, kemudian kain sulam maduaro juga bisa dibuat peci/kopiah. Kain ini cukup mewah apalagi sudah dibuat bahan baju. Kalau soal warna jangan khawatir bermacam-macam warnanya tinggal pilih mana yang mau dibeli sesuai kebutuhan,” kata Herlinawati.

Ia menuturkan, selain kain sulam Maduaro ditampilkan juga Batik khas kabupaten tersebut yang dikerjakan langsung oleh anak-anak disabilitas dan kwalitasnya juga tidak kalah dengan kain sulam Maduaro.

Dikatakannya, Inacraft sendiri merupakan menjadi wadah untuk memamerkan serta mempromosikan beragam produk daerah dikancah nasional bahkan internasional.

Ia meyakini produk Kabupaten Tulangbawang kain sulam Maduaro dapat bersaing dengan produk-produk daru daerah lain.

“Ayo warga Lampung yang berdomisli ataupun yang sedang berlibur di Jakarta, untuk singgah dan menyaksikan serta membeli produk unggulan kerajinan Tulangbawang di ajang Inacraft 2023
dipusatkan di Jakarta Convention Center,” ajaknya.(SB/Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.