Polres Pesawaran Gelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Lilin Krakatau Tahun 2020

PESAWARAN(SB) – Polres Pesawaran menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Lilin Krakatau Tahun 2020 dalam rangka kesiapan pengamanan perayaan Natal tahun 2020 dan tahun baru 2021 dimasa pandemi Covid-19, dilaksanakan di Aula Pamor Persada Polres Pesawaran, Kamis (17/12/20) Pukul 09.00 Wib.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo, S.Ik, M.H didampingi Wakapolres Pesawaran Kompol Yohanis, SH, MH, para PJU Polres Pesawaran dan Kapolsek jajaran serta Asisten 1 Kabupaten Pesawaran Drs. Syukur, Kasiops Brigif Marinir 4 Marinir Piabung Kapten Marinir Wachid, Dan Subden Pom AL Kapten Laut Syaifudin Zuhri.

Kemudian Kadis Kesehatan Kabupaten Pesawaran Ir. Tri Harun Joko, M. Kes, Kadis Perhubungan Ahmad Syafei, Kasat Pol PP Bapak Effendi, Kepala BPBD Bapak Mustari, Perwakilan Dinas PU, Perwakilan Jasa Raharja Bapak Arief, Perwakilan Gugus Tugas, Perwakilan BMKG, Senkom, Perwakilan Rumah Makan, Perwakilan SPBU, Perwakilan Pemuka Agama Nasrani, Perwakilan Pengelola THR, Perwakilan Pengurus Gereja, Perwakilan Asosiasi Pendeta Indonesia Kabupaten Pesawaran.

Dalam sambutannya Kapolres Pesawaran menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini semoga dapat bermanfaat, dan kita meminta bantuan kepada intansi terkait dalam rangka Ops Lilin Krakatau 2020 disebabkan kita menghadapi situasi yang berbeda yang kemarin di China namun sekarang sudah berada di Kabupaten Pesawaran yaitu pandemi Covid Pesawaran.

Menghadapi Natal dan Tahun baru 2021 perlu kita pikirkan bersama disebabkan situasi yang berbeda saat pandemi covid 19 ini, saya juga telah berkoordinasi dengan FKUB Kabupaten Pesawaran terkait adanya Covid 19 pada saat perayaan Natal.

Untuk kegiatan Natal di Kota Metro mereka melaksanakan hari raya di Gereja namun berbeda di Kabupaten Pringsewu mereka melaksanakan secara Daring dirumah masing-masing disebabkan situasi Pandemi, oleh karena itu kita berpikir bersama kepada gugus tugas Kabupaten Pesawaran dalam peringatan hari raya meninjau kapasitas gedung, dan dalam hal ini kita pertimbangkan dalam penempatan personil dalam pengamanan hari raya dan tahun baru agar dapat secara maksimal dalam pengamanan.

Dalam rangka memperingati perayaan tahun baru khususnya diwilayah Kabupaten Pesawaran dilaksanakan atau tidak mari kita sama-sama berkoordinasi bersama dengan pertimbangan situasi saat ini Wilayah Kabupaten Pesawaran terdapat pandemi covid 19. Secara umum di Wilayah Gedong Tataan, Negeri Katon dan Teluk Pandan sangat tinggi tingkat suspeknya, di Kecamatan Marga Punduh mulai masuk pandemi Covid 19.

Dalam Rapat ini semoga semakin solid dan saling berkoordinasi terkait perayaan natal dan tahun baru, kami berharap adanya masukan dan saran untuk menjadi pertimbangan dan evaluasi bagi kami untuk menghadapi tugas yang akan datang dan kedepannya.

Terakhir saya mengharapkan untuk BPBD Kabupaten Pesawaran untuk standby mengantisipasi cuaca yang tidak stabil serta untuk siaga menyiapkan alat berat bila terjadi longsor diwilayah Kabupaten Pesawaran.

Kemudian dilanjutkan oleh Asisten 1 Kabupaten Pesawaran Drs. Syukur, Bapak dan Ibu tentunya ada hal yang perlu kita kordinasikan dalam rangka menyambut hari raya natal dan tahun baru 2021. Forkofimda dan gugus tugas telah melaksanakan rapat terkait perayaan natal dan tahun baru dan kami juga mempertimbangkan membuat maklumat dalam rangka menyambuta hari raya natal dan tahun baru. Sistem kegiatan terkait hari raya natal akan berubah yakni kapasitas gereja dibatasi dan mungkin ada yang melaksanakan secara virtual hal ini untuk melaksanakan SOP pandemi covid 19.

Pada tanggal 31 Desember 2020 jelang tahun baru kita membuat maklumat untuk sektor wisata ditutup hal ini bukan tidak memperhatikan namun kami memperhatikan jajaran Forkopimda yang telah memikirkan dan memperhatikan warga kita yang ada disebelas Kecamatan terkait pandemi Covid-19.

Terkait perubahan cuaca di Kabupaten Pesawaran itu sudah patut kita antisipasi adanya banjir dan longsor apalagi wilayah pesisir adanya longsor dan kita antisipasi jalur alternatif melewati Kecamatan Kedondong. Untuk operasi Lilin ini bukan hanya tanggung jawab Polres Pesawaran namun ini tanggung jawab kita bersama untuk melaksanakan kegitan Operasi Lilin ini agar berjalan lancar dan aman.

Dilanjutkan dengan Paparan Operasi Lilin Krakatau 2020 oleh Kabag Ops Polres Pesawaran Kompol Maryanto, SH. MH, Pada Kesempatan kali ini ijinkan kami dari pihak Polres Pesawaran untuk menyampaikan kegiatan pelaksanaan Operasi ini agar terciptanya suasana yang aman, lancar, tertib dan sehat. Konsep Operasi bersifat terbuka dalam hal ini memberikan perlindungan, Pengayoman dan Pelayanan terhadap Masyarakat sehingga tercipta situasi aman dan Nyaman. Untuk timeline waktu Operasi Lilin tahun 2020 dimulai tanggal 21 Desember tahun 2020 sampai 04 Januari 2021.

Sasaran Operasi yakni potensi gangguan terkait disiplin masyarakat dan adanya kelompok radikal, ambang gangguan terkait kerumunan masyarakat saat cuti bersama nanti, gangguan nyata terkait kecelakaan lalu lintas, bencana alam dan kerumunan masa,situasi kerawanan terkini Kabupaten Pesawaran yaitu Kecelakaan lalu lintas, Kepadatan lalu lintas, Target Operasi kegiatan perayaan natal dan peringatan tahun baru 2021, Rencana Pos Pam Polres Pesawaran dan menyiapkan 4 Pos Pam dan 1 Pelayanan dalam rangka Ops Lilin Krakatau tahun 2020.

Paparan berikutnya oleh Kasat Lantas Polres Pesawaran AKP I Wayan Budiarta, S.E, Untuk situasi umum Wilayah Kabupaten Pesawaran terdapat Lintas Tengah, Barat dan Jalan Way Ratai, Rencana Pos menyiapkan 4 Pos PAM meliputi Pos Pam Simpang Tugu Coklat, Pos Simpang Tugu Kris Tegineneng, Pos Wisata Pantai Mutun dan Pos PAM Ketapang serta 1 Pos Pelayanan Simpang Tugu Pengantin. Rencana pengamanan yaitu perayaan hari raya natal dan tahun baru, lokasi Wisata, Survey akses jalan lalu lintas, Rest Area serta Lokasi Permasalahan di Wilayah Kabupaten Pesawaran.

Dalam rapat persiapan Operasi Lilin Krakatau tahun 2020 dipertimbangkan dalam hari Raya Natal mengingat adanya pandemi Covid-19 untuk membatasi kapasitas Gereja yang ada di Wilayah Kabupaten Pesawaran untuk menghindari adanya kerumunan massa saat pelaksanaan hari raya Natal dan untuk peringatan tahun baru pihak pemerintah Kabupaten Pesawaran telah menyusun dan membuat maklumat terkait hari raya Natal dan peringatan tahun baru 2021 serta tempat wisata diwilayah Kabupaten Pesawaran dalam peringatan tahun baru dan cuti bersama ditutup mengingat untuk mengindari kerumunan massa dan menghindari adanya Cluster baru Pandemi Covid-19. (Rls)

Related Posts

About The Author

Add Comment

1 views