Daerah  

Perkam Kecubung Raya Salurkan BLT DD kepada 26 KPM

TULANG BAWANG (SB)– Pemerintah Kampung  Kecubung Raya, Kecamatan Meraksa Aji, salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD)  kepada 26 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), kegiatan dilaksanakan dibalai kampung setempat, Jum’at (31/03/2023).
Penyaluran BLT-DD Ekstrem itu diserahkan langsung oleh Kepala Kampung Heriyantoni beserta aparaturnya didampingi Sekcam Meraksa Aji, BPK, Pendamping Desa.
Kepala kampung Kecubung Raya , Ariansyah, mengatakan masyarakat yang berhak mendapatkan BLT-DD Ekstrem Tahun 2023 dibatasi minimal 10 persen, dan maksimal 25 persen. Persentase bantuan langsung tunai itu diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan
“Dalam Pasal 36 Permenkeu. KPM BLT-DD diprioritaskan keluarga miskin yang berdomisili di Desa bersangkutan dan terdaftar dalam keluarga desil 1 data sasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem,” ungkap dia.
Ia menuturkan, pihaknya dalam menentukan penerima bantuan tersebut telah melalui berbagai pendataan mulai dari tingkat RT. Bahkan data Verval telah dipadukan dengan TKSK kecamatan setempat untuk mencegah double penerima.
“Data yang diterima adalah acuan dari RT sebagai ujung tombak. Lantaran mereka (RT-red) yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” terang dia.
Ia menyebut, penyaluran BLT-DD tahap I (satu) tersebut yakni Januari, Februari hingga Maret.
“Jadi jumlah bantuan yang diterima untuk satu KPM adalah sebesar Rp.900, 000, (sembilan ratus ribu rupiah) pada tahap I ini,” jelas dia.
Ia berharap, para KPM agar menggunakan bantuan itu sesuai dengan petunjuk dan teknis penggunaan seperti digunakan untuk kebutuhan dapur.
“Saya harap kepada KPM dana BLT-DD ini dibeli sembako,” harapnya.
“Ditempat yang sama Sekcam Meraksa Aji Adiantori, dalam sambutannya mengatakan, kepada para penerima manfaat dapat memanfaatkan untuk kebutuhan pokok sembako, sebagai mana mestinya.”tutup Sekcam.(Lim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.