banner 728x250

Pemprov Lampung Gelar Lomba Masak Serba Ikan

banner 120x600
banner 468x60

LAMPUNGSELATAN(SB) -Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung menggelar kegiatan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2022 di PKK Agro Park Lampung, Sabah Balau, Lampung Selatan, Rabu (06/07/2022).

Agenda tahunan ini, digelar oleh Pemerintah Provinsi Lampung sebagai upaya untuk mendukung tumbuh dan berkembangnya ekonomi kreatif berbasis inovasi masakan atau kuliner berbahan baku ikan dan membantu upaya pencegahan bahaya stunting.

banner 325x300

Selain itu, menurut Wakil Ketua III TP PKK Provinsi Lampung Ny. Erna Suud Hanan, kegiatan ini juga digelar untuk meningkatkan keterampilan memasak dengan bahan baku ikan, menghasilkan menu inovasi dan mengenalkan keanakaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas.

Sehingga dapat memberikan pemahaman akan pentingnya gizi dan nutrisi ikan dalam meningkatkan imun untuk pencegahan penyebaran Covid-19 melalui budaya makan ikan.

Lomba yang mengusung tema “Menu Ikan Untuk Mencegah Stunting, Menuju Masyarakat Lampung Berjaya” ini diikuti oleh 15 regu perwakilan PKK dari 15 Kabupaten/Kota Se-Lampung.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Liza Darni, M.M., saat membacakan sambutan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan bahwa prevalensi stunting pada balita di Provinsi Lampung menunjukkan trend yang positif, yaitu angka stunting pada tahun 2021 sebesar 18,5% yang menurun dari angka tahun 2019 dengan sebesar 26,26%. Pencapaian di tahun 2021 tersebut menempati peringkat ke-5 provinsi dengan stunting terendah se-Indonesia.

Oleh karenanya, melalui Lomba Masak Serba Ikan ini, diharapkan mampu menciptakan kreasi-kreasi menu berbahan ikan yang disukai masyarakat khususnya ibu hamil, remaja putri dan anak-anak, mudah pengolahannya serta bergizi tinggi.

“Dengan mengkonsumsi ikan, kita harapkan anak-anak kita akan lebih cerdas dan aktif karena dalam ikan terkandung omega 3, asam amino, vitamin dan mineral yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak,” ucapnya.

“Berkenaan dengan hal tersebut diatas, maka tema Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2022 adalah “Menu Ikan untuk Mencegah Stunting menuju Masyarakat Lampung Berjaya,” lanjutnya.

Menurut Liza Darni, peningkatan konsumsi ikan memegang peranan penting dalam peningkatan status gizi masyarakat dan kualitas sumber daya manusia. Di sisi lain, peningkatan konsumsi ikan juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya ekonomi para nelayan, pembudidaya ikan dan pengolah hasil perikanan melalui optimalisasi potensi pasar dalam negeri.

Pada sambutannya yang dibacakan oleh Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung, Gubernur Arinal berpesan agar seluruh kader PKK dapat menjadi pelopor dalam kampanye gemar makan ikan, khususnya bagi ibu hamil dan balita sebagai upaya peningkatan status gizi masyarakat. Karena nasib negara ini di masa depan, sangat tergantung dari kualitas anak-anak kita saat ini.

“Kegiatan pada hari ini bukan hanya sekedar lomba untuk menciptakan kreasi menu baru, tetapi ke depan diharapkan juga dapat menjadi peluang bisnis baru dan peningkatan ketahanan keluarga dari sisi ekonomi. Apalagi jika kita melihat potensi produksi ikan tangkap dan budidaya di Provinsi Lampung yang sangat berlimpah,” pungkas Liza Darni.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.