Daerah  

Pemerintahan Tiyuh Mekar Sari Jaya Memperingati HPSN

TULANG BAWANG BARAT (SB)-Pemerintah Tiyuh Mekar Sari Jaya, Kecamatan Lambu Kibang, Tulang bawang barat, beserta seluruh lapisan unsur lembaga di dalamnya ikut serta Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2023, Jum’at (24/02/2023).

Tahun 2023 menjadi momentum dalam melanjutkan upaya-upaya pengelolaan sampah dengan partisipasi aktif semua pihak. Salah satu ukuran penting dalam pengelolaan sampah adalah upaya mitigasi menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Peningkatan emisi GRK merupakan salah satu pemicu terjadinya peningkatan suhu bumi yang menyebabkan pemanasan global dan berakibat pada perubahan iklim. Salah satu sumber penghasil GRK adalah dari sektor limbah, termasuk di dalamnya pengelolaan sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA), pengelolaan biologi atau komposting, pembakaran terbuka (open burning) dan insinerasi.

Dalam rangka pelaksanaan rencana aksi penurunan emisi GRK, maka peran HPSN 2023 menjadi sangat strategis untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia, sekaligus manifestasi dari salah satu prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan, yaitu waste to resource melalui cara kerja ekonomi sirkular (circular economy) dan sampah menjadi sumber energi. Secara sederhana, HPSN 2023 harus menjadi babak baru pengelolaan sampah di Indonesia menuju Zero Waste, Zero Emission.

” Kepalou tiyuh mekar sari jaya Alfredo Isnovandi. S.pd. mengungkapkan,seluruh masyarakat agar tetap menjaga kebersihan, baik itu pemilahan sampah yang baik dan benar. agar tidak terjadi pemicu sampah yang buruk dan mengelola sampah sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi,” ungkap Edo sapaan akrabnya.(SB/Lim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.