Napak Tilas dan Halal Bi Halal Adat Budaya Lampung Pesisir

RAJABASA – Halal bi halal bertajuk ‘Khudat Akbar’ digelar para pemuda yang tergabung dalam remaja islam masjid (risma) Jami’ Al-Ikhlas Desa Canti, Kecamatan Rajabasa, Sabtu (8/6) kemarin. Kegiatan ini digelar dalam rangka napak tilas keberagaman budaya Lampung.

Acara yang dikemas dalam pawai adat budaya ini melibatkan seluruh masyarakat Desa Canti. Selain itu, berbagai keberagaman adat dan budaya Lampung juga ditampilkan dalam kegiatan tersebut.

Seluruh masyarakat adat yang ada di Desa Canti ini berdandan layaknya acara adat yang biasa digelar. Mulai dari tuping Lampung, pengantin adat Lampung dan lengkap berikut pengawal serta tarian khudat yang biasa ditemui dalam acara-acara besar.

Ketua Pelaksana Ridwan Kesuma menegaskan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa cinta nya terhadap adat dan budaya Lampung khususnya Lampung Pesisir yang dinilai sudah mulai luntur. Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan agar para generasi muda terus menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan budaya yang ada di daerah nya.

“Kami iri dengan masyarakat adat yang ada di wilayah lain. Mereka sangat bangga dengan adat yang mereka miliki. Dengan kegiatan ini, kami harap bisa kembali mengangkat nilai-nilai adat dan budaya yang ada di daerah kita,” ungkap Ridwan.

Dia berharap, kegiatan ini bisa dijadikan sebagai agenda tahunan yang bisa rutin digelar. Paling tidak, ditingkat desa atau bahkan diimplementasikan ditingkat yang lebih tinggi misalnya kecamatan atau Kabupaten Lampung Selatan.

“Dengan kegiatan ini, warga kita yang kebetulan pulang saat lebaran bisa melihat langsung kemeriahan dan keberagaman adat dan budaya kita. Kegiatan ini bisa terlaksana berkat gotong royong dan antusias para pemuda Canti. Tanpa ada dukungan dari pihak manapun termasuk aparatur desa,” pungkasnya. (rls)

Related Posts

About The Author

Add Comment

9 views