banner 728x250

Miris, Pasangan Lansia Ini Tertimpa Bangunan Rumahnya

banner 120x600
banner 468x60

LAMTENG(SB) – Bukan karena bencana alam, angin kencang atau puting beliung, sebuah rumah milik Mbah sanwirjak (75) dan istri mbah sayem (67) sepasang Lansia di Kampung Sumber Fajar, Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah roboh. Rumah milik pasangan lansia ini roboh karena kondisi rumah sudah lapuk dimakan usia.

Peristiwa rumah roboh ini terjadi pada Selasa 25 Juli 2022, sekira pukul 15:30 WIB. Rumah reot milik kedua lansia ini merupakan hasil swadaya masyarakat setempat. Kini rumah tersebut roboh, rata dengan tanah.

banner 325x300

Misbahudin tokoh pemuda setempat mengatakan rumah milik sepasang lansia ini memang sudah lapuk dan tidak layak huni lagi. Beruntung peristiwa rumah roboh ini tidak memakan korban jiwa.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut, meski beliau berdua tertimpa reruntuhan bangunan, atas kuasa Allah beliau berdua selamat, sang istri mbah sayem mengeluhkan sakit dibagian pinggang,” katanya.

Pasangan lansia ini, terusnya memiliki satu orang anak yang sudah berkeluarga, namun tergolong keluarga kurang mampu juga.
“Rumahnya pun geribik sempit, masyarakat setempat berinisiatif untuk membangunkan rumah untuk mbah Sanwirjak, mbah Sanwirjak ini karena keduanya tidak memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, usianya pun sudah renta dan sakit-sakitan,” jelasnya.

Untuk hidup sehari-hari pasangan lansia ini mengandalkan uluran tangan dari warga setempat.
“Hanya mengandalkan uluran tangan dari masyarakat serta tenaga tua istrinya yaitu Ngasak (mengais reruntuhan padi dan juga sisa-sisa singkong yang tertimbun tanah saat ada warga panen),” kata dia.

Karena itu, ia mengatakan mustahil bagi kedua pasangan lansia ini untuk membangun kembali rumah mereka. Untuk itu, warga berinisiatif menggalang dukungan.

“Saat ini baru terkumpul sekitar Rp3 jura rupiah. Kami membuka donasi kepada siapa saja untuk menyalurkan bantuan membangun kembali rumah untuk pasangan lansia ini,” ungkapnya.

Bagi yang ingin menyalurkan bantuan bisa datang langsung, atau menghubungi tokoh pemuda setempat Misbahudin di nomor telepon 081374979334. Penyaluran donasi dapat juga melalui nomor rekening bank syariah dengan nomor rekening 7 196710 773 atas nama Misbahudin. (*)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.