Memperingati Hari Raya Idul Adha 1442 H HIMMPAS UI Bagikan Hewan Qurban

JAKARTA(SB) – Dalam rangka memperingati momen Idul Adha 1442 H, Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana (HIMMPAS) UI bersama-sama melakukan penggalangan dana serta memfasilitasi sivitas maupun masyarakat umum yang ingin melakukan ibadah qurban. Momen Idul Adha di tengah pandemic ini, menjadi salah satu momen yang baik untuk meningkatkan rasa peduli dan mempererat tali ukhuwah terhadap sesama. Hal itulah yang menyebabkan HIMMPAS UI tergerak untuk membantu sesama namun tidak melupakan niat ibadah yang memang sudah dianjurkan.

Adapun beberapa program yang ditawarkan oleh HIMMPAS UI kepada sivitas atau masyarakat umum yang ingin berpartisipasi yaitu patungan qurban, qurban sapi dan qurban domba. Patungan qurban merupakan program infaq yang dikumpulkan oleh HIMMPAS UI dari berbagai sumber, yang nantinya akan dibelikan hewan qurban. Hewan qurban ini akan dihadiahi kepada salah satu Marbot Masjid yang berhak dan memang belum pernah berqurban.

Terdapat total 3 hewan qurban yang telah didistribusikan kepada mustahik yang bertempat tinggal di Wilayah Kelurahan Warakas, Jakarta Utara. Pendistribusian dilakukan bertepatan saat hari Idul Adha yaitu tanggal 20 Juli 2021. Dalam proses pendistribusian hewan qurban, HIMMPAS UI berkolaborasi dengan Yayasan Relasi yang merupakan salah satu Yayasan sosial yang sudah cukup lama membantu warga di wilayah tersebut. Hal itu dilakukan agar pendistribusian dapat efisien dan tepat sasaran. Yayasan Relasi menyambut baik kolaborasi yang dilakukan oleh HIMMPAS UI. Menurut beberapa pengurus nya, pandemic ini bukan menjadi penghalang untuk berbagi dengan sesama.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini momen Idul Adha bertepatan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai wilayah di Indonesia khusus nya DKI Jakarta. Sehingga proses penyerahan hewan qurban dari HIMMPAS UI kepada Yayasan Relasi dilakukan secara simbolik. Hal tersebut dilakukan dalam upaya mentaati protocol kesehatan dan aturan yang ditetapkan pemerintah. Meskipun proses penyerahan dilakukan secara simbolik, namun tidak mengurangi euphoria dan antusiasme peringatan Idul Adha.

Ketua Yayasan Relasi menyampaikan ucapan terimakasih kepada HIMMPAS UI atas kepercayaannya berkolaborasi dalam kegiatan penyaluran hewan qurban kepada masyarakat yang berhak. Selain itu menurut salah satu pengurus anggota, kegiatan ini menjadi pengalaman pribadi menikmati bagaimana indahnya berbagi dengan sesama.

Dalam kesempatan ini, ketua HIMMPAS UI juga mengucapkan terimakasih kepada semua tim HIMMPAS UI yang terlibat atas antusiasme yang telah diberikan. Begitu juga dengan Yayasan Relasi yang sudah mau berkolaborasi dalam penyaluran hewan qurban kepada masyarakat yang berhak. Ia berharap agar program ini dapat bermanfaat baik bagi para mudhohi maupun mustahik.

Related Posts

About The Author

Add Comment

9 views