Legeslatif dan Eksekutif Kompak Dukung Pemekaran Tulang Bawang

TULANG BAWANG(SB) – Wacana dan aspirasi Pemekaran Kabupaten Tulang bawang kian menggema dan semakin santer di tengah masyarakat. Mulai dari pelosok kampung sampai di Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Tulangbawang. Dorongan Pemekaran Kabupaten semakin mengakar dan kokoh.

Dua nama yang disiapkan untuk nama calon Kabupaten Pemekaran Tulang Bawang adalah “Kabupaten Gedung Aji” dan “Tulang bawang Timur” terdiri dari sembilan (9) kecamatan, yakni, Kecamatan Penawartama, Kecamatan Rawajitu Selatan, Rawajitu Timur, Rawapitu, Penawar Aji, Meraksa Aji, Gedung Aji Baru, Gedung Aji Lama, dan Rawajitu Utara (masuk wilayah Kabupaten Mesuji).

Nama Kabupaten Gedung Aji, digaungkan anggota DPRD Tulang Bawang. Kemudian nama Kabupaten Tulangbawang Timur direncanakan atau digaungkan oleh Frans Agung Mula Putra, anak dari mantan Bupati Tulangbawang, Abdurrachman Sarbini Nata Menggala.

Sementara itu Bupati Tulang Bawang, Winarti serta para pejabatnya, Ketua DPRD Tulangbawang, Sopi’i dan para anggota DPRD lainnya nampaknya “koor” dan klik, adanya dorongan dan aspirasi masyarakat yang masih secara lisan. Meskipun masih dalam bentuk lisan, namun mereka tampak merespon positif adanya isu dan wacana Pemekaran Kabupaten Tulang Bawang yang digaung – gaungkan oleh masyarakat, meskipun masih sebatas secara lisan.

Menurut Sopi’i, wacana dan isu Pemekaran Kabupaten Tulang Bawang yang digaungkan oleh masyarakat patut dan layak direspon. Wacana itu bagus, dan tidak melanggar aturan atau regulasi. Sebab pemerintah telah mencabut larangan Pemekaran Kabupaten atau Provinsi.

“Sebagai Ketua DPRD Tuba saya siap untuk menjadi jembatan dorongan aspirasi wacana Pemekaran Kabupaten Tulang Bawang. Intinya saya siap untuk berjuang bersama – sama. Kita siap berjuang sekuat tenaga dan pikiran,” ujar Ketua DPRD Tuba, Sopi’i.

Tokoh Kecamatan Penawartama ini menambahkan, adanya wacana dan dorongan aspirasi Pemekaran Kabupaten setidaknya bisa menjadi tanda adanya jejak peninggalan buat generasi selanjutnya. Menyiapkan masa depan terbaik buat mereka para generasi muda penerus pembangunan.

“Secara pribadi saya siap menghantarkan. Dan siap untuk menjadi jembatan emasnya dalam memperjuangkan wacana dan dorongan aspirasi Pemekaran Kabupaten Tulang bawang,” kata dia.

Disiarkan Hariantuba.com, sebelumnya, (21/3/2021), akhirnya aspirasi dan dorongan pemecahan atau pemekaran Kabupaten Tulangbawang yang digaungkan oleh sejumlah warga dan para tokoh, mendapat respon positif dari Bupati Tulang bawang, Winarti.

Winarti angkat bicara dan menyinggung soal pemekaran Kabupaten Tulangbawang, dalam kata sambutannya pada momen peringatan HUT ke 24 Kabupaten Tulang bawang.

“Pemerintah sudah mencabut larangan pemekaran daerah. Pemerintah Kabupaten bersama dengan unsur DPRD Tulangbawang akan melakukan konsultasi dan jemput bola ke pusat,” kata Winarti.

Ketua DPRD Tulang bawang, Sopi’i, mengatakan, bahwa upaya pemekaran sebuah daerah membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Menguras energi, pikiran dan tenaga untuk menggapai usaha pemekaran.

“Prosesnya panjang. Syarat pemekaran kabupaten minimal lima sampai tujuh kecamatan. Jumlah penduduk, dan yang lebih penting lagi adalah faktor APBD nya,”terang Sopi’i.

Bila dilihat dari kacamata fisik, infrastruktur dan APBD nya, Kabupaten Tulangbawang sudah layak untuk dimekarkan. Saat ini Tulangbawang memiliki 15 kecamatan, 147 kampung dan 4 kelurahan. Sarana infrastrukturnya sangat siap.

Diberitakan Hariantuba.com sebelumnya, (20 Agustus 2020), Pembentukan kabupaten baru atau pemekaran Kabupaten Tulangbawang Timur, di Kabupaten Tulang bawang, dinilai bisa menjadi solusi tepat peningkatan pembangunan infrastruktur diwilayah yang dinilai kurang mendapatkan perhatian dari kabupaten induk dan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

Rencana pembentukan kabupaten baru di Kabupaten Tulang bawang, sebelumnya pernah muncul pada akhir masa jabatan pemerintahan Abdurrachhman Sarbini Nata Menggala – Agus Mardhi Hartono. Kala itu, wacana pembentukan kabupaten Tulangbawang Timur diusung oleh bacalon Bupati.

Related Posts

About The Author

Add Comment

7 views