Lantik DPC AWPI Tubaba, Refky : Satu Komando, Jadikan AWPI Barometer Pers di Lampung

Tulang Bawang Barat – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Kabupaten Tulang Bawang Barat Gelar Pelantikan Pengurus di Aula Sesat Agung Komplek Islamic Center Tulang Bawang Barat, Kamis (23/12/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri Asisten Bidang Administrasi Umum Kabupaten Tulang Bawang Barat, Rasyidi mewakili Bupati Tulang Bawang Barat yang berhalangan hadir, Kadis Kominfo Tubaba, Kapolres Tubaba, Dandim Lampung Utara, Ketua DPD AWPI Provinsi Lampung beserta jajaran dan semua pengurus AWPI Tubaba yang dilantik.

Ketua Pelaksana, Nurul Huda menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga untuk semua elemen atas support sehingga sukses kegiatan ini.

“Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar, dan ucapan terimakasih ini saya sampaikan kepada seluruh rekan-rekan yang sudah membantu terlaksananya kegiatan ini,” ujarnya.

Prosesi pelantikan dilaksanakan dengan khidmat, yang dipimpin langsung oleh Ketua DPD AWPI Provinsi Lampung, Refky Rinaldy, selanjutnya dilakukan penyerahan Bendera Pataka kepada Ketua DPC AWPI Tubaba, Ahmad Abdi Fathoni, dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas antara DPC AWPI Tubaba dengan Pemerintahan Kabupaten Tulang Bawang Barat yang disaksikan langsung oleh Ketua DPD AWPI Provinsi Lampung.

Dalam arahannya, Ketua DPD AWPI Provinsi Lampung, Refky Rinaldy menegaskan, “AWPI hadir bukan tanpa sebuah latar belakang, diantaranya berangkat dari keresahan dan kehawatiran sekelompok insan pers dari seluruh wilayah di indonesia. Berfikir bagaimana AWPI mampu memberikan warna yang berbeda, menjadi fasilitas para wartawan untuk terus mengasah kemampuan berfikir, bersikap dan bertindak dalam dunia pers ini. dan terciptanya jurnalis yang memiliki integritas,” Kata Ketua AWPI termuda Se-Indonesia itu.

Kepada seluruh pengurus AWPI Tubaba yang baru saja dilantik, ia juga menegaskan bahwa, dalam menjalan tugas peliputan, wajib menjaga harkat dan martabat pers. “Dengan terus berjalan pada rel yang ada yakni UU Pers Nomor 40 Tahun 1999, Kode Etik Jurnalistik. Dan juga AWPI memiliki tanggung jawab untuk bersama-sama menjaga nama baik daerah. dan yang pasti wajib mentaati AD/ART serta produk hukum yang telah diatur oleh organisasi AWPI,” jelasn Bung Refky.

“AWPI Adalah organisasi profesi jurnalis yang profesional. Maka sudah seharusnya SDM AWPI taat pada aturan organisasi, dan saya tegaskan bagi siapapun yang melanggar aturan tersebut akan saya berhentikan secara tidak hormat, tidak ada toleransi dari saya, selagi saya yang memimpin AWPI ini di wilayah provinsi lampung harus kompak, solid dan menjaga nama baik organiasi, berani membangkang, maka siap tanggung resiko nya, dan bukan tanpa alasan semua itu saya lakukan, ini demi menjaga nama baik dunia pers,” tegas mantan Aktivis Mahasiswa itu.

Ia juga menjelaskan, seluruh anggota AWPI akan diberikan pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar), agar ketika bertugas setiap individu dari anggota AWPI benar-benar mengerti tugas pokok dan fungsinya sebagai Jurnalis/wartawan.

“Untuk menjadi anggota AWPI tidak semudah membalikkan tangan, ada hal-hal yang harus dipenuhi, seperti mengikuti Diklatsar AWPI. Jangan sampai anggota yang belum dibekali pendidikan sudah diuji di lapangan. AWPI juga siap memberikan perlindungan hukum untuk anggotanya yang tengah menjalankan tugas jurnalistik, dengan itu semua harapan kita menjadikan AWPI Lampung sebagai Barometer Pers dapat terwujudkan,” ucap Bung Refky.

Senada, Bupati Tulang Bawang Barat, Umar Ahmad, melalui Asisten Bidang Administrasi Umum Kabupaten Tulang Bawang Barat, Rasyidi mengharapkan dengan adanya Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia di Kabupaten Tulang Bawang Barat, diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah sehingga bisa memberikan sumbangsih dalam dibidang informasi terkait kemajuan pembangunan di Tulang Bawang Barat.

“Kami sangat mengharapkan kerja profesional dari kawan-kawan AWPI, dalam memberikan informasi kemajuan di Tubaba, karena pemerintah juga sangat membutuhkan kerjasama dengan awak media dalam pembangunan daerah,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPC AWPI Tubaba Ahma Abdi Fatoni meminta arahan terkait pelaksanaan organisasi, guna penyamaan visi dalam mengembangkan organisasi kedepannya.

“Kami ini DPC Bungsu di AWPI Lampung, karena itu masih butuh banyak masukan dan bimbingan khususnya dari DPD, agar kita memiliki kesamaan visi dalam mengembangkan oranisasi kedepan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Tulang Bawang Barat, Eri Budi Santoso mengatakan sangat bersyukur dengan adanya AWPI di Tubaba. “Terbentuknya kepengurusan DPC AWPI di Tubaba ini untuk berkerjasama dengan kepemerintahan setempat agar bisa membangun Tubaba, dan terimakasih juga Ketua DPD AWPI Lampung yang telah hadir di Kabupaten Tulang Bawang Barat ini,” ujar Kadis Kominfo singkat.  (*)

Related Posts

About The Author

Add Comment

7 views