Kunjungi Mesuji, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Perkuat Harmonisasi dan Sinergi Pembangunan Pemprov dan Pemkab

BANDARLAMPAUNG(SB)- Lakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Mesuji, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memberikan pemaparan terkait perkembangan pembangunan di Provinsi Lampung sekaligus memberikan pengarahan kepada Kepala OPD Kabupaten Mesuji, DPRD Kabupaten Mesuji, Camat, Kepala Desa/Kepala kampung se-Kabupaten Mesuji, di Aula Kolam Taman Kehati, Kabupaten Mesuji, Sabtu (16/07/2022).

Gubernur Arinal menyatakan bahwa dinamika perkembangan sosial ekonomi Provinsi Lampung sudah menunjukkan perbaikan pasca pandemi Covid-19. Hal ini terlihat dari Laju pertumbuhan ekonomi Lampung pada Triwulan I- Tahun 2022 tumbuh positif sebesar 2,96 persen (year on year) dibanding Tahun 2021 yang terkontraksi minus 1,99 persen pada periode yang sama.

“Kondisi tersebut tentunya menjadi momentum yang baik untuk mendorong pemulihan ekonomi yang kita harapkan.” ucap Gubernur.

Kemudian, disisi tatakelola pemerintahan, Gubernur mengatakan bahwa hingga saat ini kinerja Pemerintah Provinsi Lampung telah meraih apresiasi lebih dari 70 (tujuh puluh) penghargaan dari berbagai pihak.

Diantaranya adalah Penghargaan Abdi Bakti Tani Tahun 2021 Peringkat 1 Nasional, Kategori Provinsi dan Kabupaten dengan Peningkatan Produksi Padi Tahun 2019 – 2020 dari Menteri Pertanian RI yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Capaian Produksi Padi Provinsi Lampung tahun 2020 sebesar 2.650.290 ton atau meningkat 22,47% dari produksi padi tahun 2019, hingga terpilih menjadi Gubernur yang dinilai memiliki kinerja positif dimata publik.

Hal ini menurut Gubernur, tidak terlepas dari upaya Program Kartu Petani Berjaya (KPB) dan kerjasama semua pihak.

“Semua penghargaan tersebut tentunya merupakan hasil kerja kita bersama. Saya ucapkan terima kasih atas dukungan dari masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Mesuji, yang senantiasa bersinergi dengan jajaran Perangkat Daerah di Pemerintah Provinsi Lampung,” ungkap Gubernur.

Oleh karenanya, Gubernur menyatakan, bahwa meskipun terdapat banyak tantangan lingkungan global dan nasional yang harus dihadapi, Lampung harus bangkit untuk lebih maju dan lebih berdaya saing.

“Kita juga perlu terus-menerus memperkuat harmonisasi dan sinergi pembangunan pusat-daerah, termasuk sinergi antara Pemprov dengan Pemerintah Kabupaten/kota, agar prioritas pembangunan daerah dan fokus pembangunan nasional dapat terwujud, dan segera dapat dirasakan,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Arinal Djunaidi mengimbau agar pemimpin, pejabat daerah dan ASN, harus mau menyisihkan energi untuk mengenali kekuatan dan kelemahan dari berbagai aspek sosial-ekonomi dan
kultural.

“Kenali medan, kuasai lapangan. Aparatur harus mampu bertindak solutif untuk melayani dan mensejahterakan masyarakat. Kalaupun terdapat kendala, lakukan upaya koordinasi antar stake holder secara vertikal maupun horizontal, kirim surat sama saya,” tegas Gubernur

Aparatur juga dituntut untuk meningkatkan pelayanan publik dan beradaptasi dengan cepat. Mampu mengantisipasi perubahan di lingkungan eksternal dan internal organisasi.

Disamping itu, ASN dituntut untuk memperbaiki dan menyederhanakan proses bisnis pemerintahan, sehingga menjadi sosok pelayan masyarakat yang lebih gesit dan lentur dalam menghadapi perubahan-perubahan yang begitu cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.