Kegiatan Jumpa Bakti Gembira PMR Tingkat Nasional Resmi Ditutup

Lampung Selatan – Ketua PMI Provinsi Lampung Riana Sari Arinal menutup secara resmi rangkaian kegiatan JUMBARA PMR IX Tingkat Nasional 2023 di Lapangan GOR Jati Kalianda Lampung Selatan, Minggu (09/07/2023).

Kegiatan JUMBARA IX PMR Tingkat Nasional yang diselenggarakan sejak tanggal 2-9 Juli 2023 di kawasan Agropark Kalianda Lampung Selatan  berjalan dengan lancar dan sukses.

Dalam sambutannya Ketua PMI Provinsi Lampung Riana Sari Arinal menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada seluruh peserta yang telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan JUMBARA PMR IX Tingkat Nasional ini.

“Terima kasih kepada adik –  adik peserta JUMBARA yang telah berpartisipasi aktif dan bersemangat dalam mengikuti seluruh rangkaian, semoga pengalaman,  ilmu dan silaturahmi dapat menjadi bekal untuk adik-adik semua dan terus mengembangkan jiwa kerelawanan,” ucapnya.

Sukses dan lancarnya pelaksanaan JUMBARA PMR IX merupakan bukti  dari kerjasama dan kerja keras seluruh relawan dan  panitia,  baik PMI tingkat Pusat, PMI Provinsi maupun PMI Kabupaten Lampung Selatan.

“Selain itu saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh Panitia baik dari PMI Pusat, PMI Provinsi maupun PMI Kabupaten Lampung Selatan serta seluruh relawan yang terlibat sehingga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar,” lanjutnya.

Riana Sari juga berpesan kepada seluruh peserta JUMBARA yang akan kembali ke rumah dan negara masing-masing untuk membawa kesan yang baik dan positif dari penyelenggaraan Jumbara Tingkat Nasional di Provinsi Lampung.

“Saya ucapkan selamat jalan sampaikan salam kami kepada ayah dan ibu di rumah, selamat melanjutkan pendidikan untuk meraih cita-cita, semoga kegiatan JUMBARA di Provinsi Lampung ini meninggalkan kesan terbaik bagi seluruh peserta dan panitia,” pungkasnya.

Seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam JUMBARA PMR  Nasional IX ini menjadi bagian dari pembelajaran bagi seluruh peserta dan panitia untuk mendapatkan  berbagai ilmu yang bermanfaat sekaligus mengetahui keanekaragaman budaya daerah baik dalam maupun luar negeri.

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto berharap acara JUMBARA PMR  IX ini memberikan kesan yang baik mulai sejak penyambutan, acara  pembukaan hingga upacara penutupan dapat memberikan kenangan yang mendalam bagi panitia dan  bagi seluruh  peserta Jumbara.

Pada kesempatan tersebut Nanang Ermanto juga menyampaikan rasa  terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, ketua PMI Provinsi Lampung ibu Riana Sari Arinal dan kepada seluruh panitia provinsi dan juga pada seluruh Panitia Lampung Selatan yang terlibat.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah Lampung Selatan menyampaikan terima kasih tak terhingga kepada Gubernur Lampung, Ketua PMI Provinsi Lampung Riana Sari Arinal dan semua pihak yang terlibat atas kerja keras dan dukungannya sehingga kegiatan JUMBARA Nasional PMR IX  tahun 2003 berhasil sukses kita gelar di Provinsi Lampung khususnya Kabupaten Lampung Selatan yang kita cintai in,” pungkasnya

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Pelaksana sekaligus Pengurus Pusat PMI Bidang Relawan Sasongko Tedjo menyampaikan bahwa acara JUMBARA PMR IX Tingkat Nasional ini berjalan dengan sangat sukses dan berhasil.

Menurutnya, penyelenggaraan JUMBARA ini  bermanfaat secara sosial dan memberikan hiburan bagi masyarakat, disamping meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar lokasi Jumbara.

Ia juga berharap penyelenggaraan JUMBARA IX melahirkan kebanggaan akan keragaman budaya, sekaligus  mempromosikan wisata dan kemajuan Provinsi Lampung, khususnya Kabupaten Lampung Selatan.

Berdasarkan data terakhir yang diperoleh, .Sasongko Tedjo menjelaskan bahwa jumlah peserta yang mengikuti Kegiatan JUMBARA PMR IX 2023 ini telah mengalami peningkatan, dari yang sebelumnya terdata 2200 peserta dari 34 Kontingen Provinsi dan 11 negara sahabat menjadi 3249 peserta.

Sasongko Tedjo menyampaikan apresiasi dan penghargaan khusus untuk kontingen perwakilan dari  negara sahabat antara lain Amerika, Italia, Kamboja, Singapura, Malaysia, Laos, Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Apresiasi juga disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan atas totalitas dukungannya dalam penyelenggaraan kegiatan JUMBARA PMR IX 2023.

“Terima kasih yang tiada terhingga saya sampaikan kepada seluruh negara sahabat, Pemerintah Provinsi Lampung dan pemerintah Kabupaten lampung Selatan, tanpa dukungan dari pemerintah provinsi Lampung dan khususnya Kabupaten Lampung Selatan Kegiatan ini tidak akan berjalan dengan baik,” tutupnya.

Dalam acara penutupan tersebut, Ketua PMI Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal menyerahkan penghargaan dan trofi kepada perwakilan Kontingen Juara Umum 1, 2 dan 3.

Juara I : Sumatera Utara,  Gorontalo, Jawa Barat, Bengkulu Daerah Istimewa Yogyakarta, Banten, Bali, DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

Juara 2 : Nusa Tenggara Timur, Jambi,  Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan,  Lampung, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Aceh, Sulawesi Barat, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Jawa Timur dan Kalimantan Tengah.

Juara 3 : Maluku, Papua,  Papua Barat, Nusa Tenggara Barat, Riau, dan Maluku Utara.

Sementara itu Kontingen Provinsi Lampung berhasil meraih 2 gelar, yaitu sebagai Juara kedua dan Kontingen Terfavorit.

Selain itu  juga  diumumkan pemenang lomba kegiatan per bidang kepalangmerahan, Pembacaan Deklarasi Kalianda _(Kalianda Youth Declaration),_  Penyerahan cindera mata dari 11 negara sahabat, Pengukuhan Ketua Forum Koordinas PMR Nasional yang terpilih yaitu Fazal Mahendra Kontingen PMI asal Jawa Barat dan Pengumuman Kalimantan Timur Sebagai Calon Tuan Rumah JUMBARA PMR  X Tahun 2028.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.